DetikHot

art

Lukisan Gua Palsu yang Dicap Karya Banksy Kembali Dipamerkan ke Publik

Kamis, 17 Mei 2018 09:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Gua Palsu yang Dicap Karya Banksy Kembali Dipamerkan ke Publik Lukisan Gua Palsu yang Dicap Karya Banksy Kembali Dipamerkan ke Publik Foto: BBC
Jakarta - Tiga belas tahun setelah lukisan gua palsu yang dicap sebagai karya Banksy akan dipamerkan lagi di Inggris. Lukisan berjudul 'Peckham Rock' itu sempat menjadi kontroversi.

'Peckham Rock' awalnya adalah sebuah lukisan yang menampilkan sosok prasejarah yang sedang mendorong troli belanjaan. Di atas troli terdapat gambar hewan yang sudah tertembak panah.

Pada 2005 silam, lukisannya pertama kali dipajang di Museum Inggris dengan label informasi yang tampak otentik. Pekerjaan itu ditemukan oleh staf museum dan diduga dilakukan Banksy dengan sengaja yang masuk ke dalam museum seperti pengunjung lain lalu memasangnya sendiri.



"Saat itu kami tidak yakin dan tidak bisa membedakannya karena labelnya seperti otentik," ujar juru bicara museum, dilansir dari BBC, Kamis (17/5/2018).

Sejak diketahui itu adalah lukisan palsu, pihak museum mengembalikannya ke Banksy. Setelahnya lukisannya berkeliling ke London dan Bristol. Kini, 'Peckham Rock' dipinjam lagi untuk dipamerkan ke sebuh pameran yang dikurasi oleh Ian Hislop.

Pameran tersebut menampilkan ilustrasi atau karya seni satir, subversi, dan penuh dengan perbedaan pendapat.

"Pandangan pertama kali soal lukisan Banksy adalah Museum Inggris tampaknya menjadi penguatan, dan terkesan menguatkan benar itu adalah karya Banksy. Tapi ternyata bukan," ujar Ian Hislop.



Selain lukisan Banksy, karya lainnya yang dipamerkan adalah koin Edwardian yang dirusak dengan slogan Votes for Women, cetakan abad ke-18 yang mengejek George IV sebagai seorang pemabuk, dan sebuah gudang garam dengan citra Katolik tersembunyi yang dibuat selama Reformasi Inggris.



(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed