DetikHot

art

Thanos Bikin Pedagang Batu Akik yang Nelangsa Kini (agak) Riang Lagi

Jumat, 11 Mei 2018 15:30 WIB  ·   Komario Bahar - detikHOT
Thanos Bikin Pedagang Batu Akik yang Nelangsa Kini (agak) Riang Lagi Foto: dok Twitter
Jakarta - Memang pesona batu akik sudah lama memudar. Sempat berjaya empat tahunan silam, kini batu akik seperti sudah kehilangan pasar seperti tren tanaman antorium di masa lalu.

Tapi taji batu akik yang kini sayup-sayup sepertinya muncul lagi. Meski nggak mendongkrak pasar lagi, setidaknya para pedagang batu akik kini senyum-senyum sendiri lagi. Dan semua itu gara-gara Thanos!

Lebar senyum Hasan, sang pedagang batu akik di kawasan Lenteng Agung. Sebab, ia tak menyangka bahwa film 'Avengers: Inifinity War' juga ada sedikit dampak bagi dirinya, juga komunitasnya.

"Film Avengers bikin ketawa-ketawa lagi deh, di komunitas pedagang sini juga ngomongin si Thanos karena ngumupulin batu," ungkap pria 39 tahun terkekeh di gerai sederhananya saat ditemui detikHOT.

"Ini kalau ente lihat, ada toko sebelah sekarang ada posternya Thanos. Ceritanya kayak mitos Indonesia, orang punya batu atau pusaka jadi sakti ye kan. Semenjak itu nih, pembeli gue banyak ngomongin batu infinity stones, kita dari nggak ngerti sampai paham," urai Hasan lagi dengan logat Betawi kentalnya.

Akik kena dampak ThanosAkik kena dampak Thanos Foto: Penjual batu akik demam Thanos juga / Rio/detikHOT


Memang dalam trennya, batu akik mencapai popularitas tertingginya di Tanah Air pada 2014 silam. Bacan, pandan, kalimaya, black oval sampai batu kalsedon dari Pacitan yang konon punya khasiat dibanjiri peminat fanatik yang rela menebus batu-batu itu dengan harga tinggi.

Thanos sendiri adalah villain paling dibicarakan sejak 2017 silam karena woro-woro euforia Infinity War. Sampai pada akhirnya dirilis akhir April lalu, para penggemar film superhero Marvel malah makin cinta dengan Mad Titan tersebut.

Nggak cuma soal Thanos sang putra Alars yang bikin semua prediksi berakhir antitesis., tapi soal sifat alami yang dibawa makhluk kuat tersebut sejak lahir.

Nah meski banyak prediksi salah, soal mengumpulkan batu infinity tersebutlah yang bikin batu akik kini dibicarakan lagi. Meski cuma lelucon saja, setidaknya ada banyak perajin batu akik kini membicarakan musuh Avengers yang dianggap masih paling kuat.

Akik kena dampak ThanosAkik kena dampak Thanos Foto: Penjual batu akik demam Thanos juga / Rio/detikHOT


Umar Santo, penjual batu yang sudah berkutat dengan akik sejak 1990 silam mengaku juga dapat tambahan sedikit rezeki semenjak Infinity War tayang.

"Ane udah hobi batu dari STM, 1990 tuh, baru kali ini ada film luar bikin batu akik diomongin lagi, jujur aja ngehitsnya kan udah lewat lama tuh, empat tahun lalu," buka pria asal Bekasi.

Lapak sempit Santo menjajakan banyak batu. Menurut Santo, dari pandan sampai kalsedon ia punya. Soal Thanos, ia sendiri awalnya diejek oleh putranya sendiri.

"Anak gue STM juga, udah nonton tuh film geng Iron Man, 'ada musuh katanya kayak lo Pak', kenapa? 'ngumpulin batu'. Dari situ gue kenal tuh si Thanos, Thanos," terangnya terbahak.

Santo awalnya kerja di perusahaan otomotif. Tapi ia kena PHK dan malah jadi fokus dagang batu akik, hobi yang sudah ia tekuni sejak lama.

[Gambas:Instagram]



Pria ini dagang sudah bertahun-tahun di depan lapangan tanah kosong. Ia masih setia dengan batu akiknya. Karena selain hobi, ia yakin pecinta batu takkan benar-benar hilang.

"Sekarang emang sepi, tapi pecintanya mah ada aja, gue empat tahun lalu pernah pegang Rp 9 juta perhari, sekarang emang sudah ngepas, tapi gue hobi sih jadi tetap dagang."

Ya, Thanos memang cuma intemezzo buat pedagang batu akik. Tapi setidaknya mereka bisa tertawa lepas ketika tahu ada film Hollywood yang beri dampak buat mereka.


(kmb/kmb)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed