DetikHot

art

Divisi 62 Gelar Pameran Kolektif 'Paripurna' di Ruci Art Space

Rabu, 09 Mei 2018 20:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Divisi 62 Gelar Pameran Kolektif Paripurna di Ruci Art Space Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Ruci Art Space mempersembahkan pameran kolektif dari kelompok Divisi 62 yang berdomisili di Jakarta. Grup seniman yang fokus di ranah musik, seni visual, fotografi, antropologi, dan graphic design itu memajang 9 karya di Ruci Art Space, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Direktur Ruci Art Space Melin Merril mengatakan Divisi 62 dikenal dengan grup musik Uwalmassa yang bersentuhan dengan elektronik musik.

"Sebenarnya para anggotanya memiliki pertanyaan yang sama tentang Indonesia. Bagaimana perspektif mereka tentang Indonesia dan dilihat dari banyak sudut pandang," ujar Melin saat media preview pameran seni 'Paripurna', Rabu (9/5/2018).

Pameran kolektif yang berjudul 'Paripurna' atau secara harfiah berarti 'menyeluruh' itu menampilkan berbagai karya arsip sejarah, artefak, fotografi, maupun medium seni visual lainnya yang saling berkaitan dengan pertanyaan 'apa itu Indonesia'.

"Ruci merasa sangat penting untuk menggandeng Divisi 62 di pameran kali ini dan memperlihatkannya kepada publik," lanjut Melin.

Dikuratori oleh Gesyada Siregar, pameran ini menyajikan berbagai pertanyaan dan ambiguitas tentang identitas ke-Indonesiaan. "Untung mengenal siapa diri kita harus ada jarak. Metode pencarian identitas yang dilakukan mereka mencoba untuk mengolah medium baru," jelasnya.

Pameran seni 'Paripurna' akan dibuka pada Jumat (11/5) dan bakal berlangsung hingga 10 Juni 2018 di Ruci Art Space, Jakarta Selatan.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed