DetikHot

art

Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong

Selasa, 17 Apr 2018 12:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Hong Kong - Hong Kong terkenal dengan kawasan padat penduduk yang ekosistem seninya terorganisir dengan baik. Salah satunya adalah Asia Society Hong Kong Center (ASHKC) yang terletak di situs kaya sejarah.

Asia Society Hong Kong Center seluas 1.364 hektar terdapat empat bekas bangunan militer. Bangunan yang didirikan oleh Angkatan Darat Inggris itu berdiri pertengahan abad ke-19 yang memproduksi dan menyimpan bahan peledak dan amunisi.

detikHOT pun berkesempatan mengunjungi kawasan tersebut akhir Maret lalu. May Tam dari Asistant External Affairs Manager ASHKC mengatakan di awal abad ke-20, bangunan yang ada di kawasan tersebut sempat diambil alih Angkatan Laut Kerajaan lalu ditinggalkan saat era 90'an.



"Kami mulai merevitalisasinya. Bangunan yang ada masih kami pertahankan, direvitalisasi dan fungsi digantikan," ujar May Tam kepada detikHOT dan tim jurnalis lainnya.

Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong KongAsia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Situs warisan diubah menjadi pusat budaya, seni, dan intelektual Hong Kong pada 2012 lalu. Tak hanya lokasi pusat budaya saja tapi juga menjadi ruang forum ceramah, pertunjukan, pemutaran film, pameran, dan tur warisan budaya ke publik umum.

Di bagian rooftop bangunan utama, terdapat patung-patung karya Robert Indiana dan seniman lainnya. Ketika mulai memasuki ruang galeri, di setiap sudut ASHKC terdapat patung-patung ikonik.

Di beberapa bagian kawasan juga masih terdapat jejak-jejak bangunan militer, dan amunisi. Bahkan rel kereta yang saat itu digunakan sebagai jalan keluar-masuknya bahan peledak.


Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong KongAsia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Kami tidak ingin membangun kawasan jadi lebih industri seperti Hong Kong kebanyakan. Tapi ketika Anda memasuki kawasan di sini pasti lebih berbeda, lebih adem. Banyak yang bilang seperti oase di tengah kota," ujar May Tam.

Kawasan tersebut, lanjut May Tam, direvitalisasi oleh arsitek yang diakui dunia internasional. Yakni Tod Williams dan Billie Tsien. Di salah satu bangunan pun dijadikan sebagai galeri seni yang secara berkala memajang karya-karya seniman dunia.

Asia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong KongAsia Society Seperti Oase di Tengah Padatnya Hong Kong Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Asia Society Hong Kong Center terletak di 9 Justice Drive, Admiralty, Hong Kong Island. Simak artikel berikutnya ya.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3
FOKUS BERITA:Hong Kong Arts Month
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed