DetikHot

art

Ini Anggota Akademi Swedia yang Dituduh Terlibat Skandal Seks

Jumat, 13 Apr 2018 18:58 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ini Anggota Akademi Swedia yang Dituduh Terlibat Skandal Seks Ini Anggota Akademi Swedia yang Dituduh Terlibat Skandal Seks Foto: Pulse.org
Jakarta - Sejak 2015, Sara Danius menjadi Kepala Hadiah Nobel Sastra sekaligus Sekretaris Tetap Akademi Swedia sebagai penyelenggara penghargaan bergengsi di dunia. Ia terpaksa berhenti dari jabatan lantaran kasus skandal seks yang melibatkan salah satu anggota Akademi.

Skandal ini mencuat sejak November lalu. Ketika surat kabar Dagens Nyheter melaporkan ada 18 perempuan yang menuduh seorang anggota akademi Jean-Claude Arnault. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual kepada 18 perempuan tersebut.

Arnault menikah dengan penyair Katarina Frostenson yang juga seorang anggota Akademi. Dalam surat kabar disebutkan, Arnault menganiaya perempuan di klub dan juga properti milik Akademi di Stockholm dan Paris selama lebih dari 20 tahun.



Sejak tahun 1996, Arnault diketahui telah membocorkan informasi tentang pemenang Hadiah Nobel sebanyak 7 kali. Saat ini polisi Swedia sedang menyelidiki kasus tersebut. Akibat kasus pelecehan seksual, ada dua kubu dalam tubuh Akademi.

Sampai saat ini laporan terhadap Arnault masih berjalan. "Kasus ini mencoreng muka Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel yang bergengsi dunia," ujar Sara Danius dilansir berbagai sumber.

Penulis Anders Olsson pun menambahkan lantaran kasus tersebut Akademi Swedia pecah kongsi dan permasalahannya kian ruwet apalagi dengan aturan anggota dipilih seumur hidup, dan jika keluar maka kursi akan dibiarkan kosong sampai ajal menjemput.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed