detikHot

Laporan dari Hong Kong

'Pumpkin' Yayoi Kusama hingga Bongkahan Emas di Harbour Arts Sculpture Park

Rabu, 28 Mar 2018 07:33 WIB Tia Agnes - detikHot
Pumpkin karya Yayoi KusamaFoto: (Agnes/detikhot) 'Pumpkin' karya Yayoi KusamaFoto: (Agnes/detikhot)
Jakarta - Hong Kong memiliki segalanya untuk infrastruktur seni. Dukungan pemerintah hingga pecinta seni rela mengantre di art fair bergengsi. Salah satu taman yang berada di Central and Western Distrik Promenade & Wan Chai pun didaulat menjadi taman patung bertaraf internasional di Hong Kong.

Tak main-main, 'labu kuning' karya Yayoi Kusama dipajang di salah satu sisi taman yang menghadap ke pelabuhan. Penampakan labu kuning dengan titik-titik hitam itu menarik minat publik yang lewat di depan karya.

Harbour Arts Sculpture Park yang dibuka 22 Februari lalu sengaja menghadirkan karya berkelas museum di ruang terbuka. Tim jurnalis yang mengikuti tur taman tersebut pun disarankan untuk melihat penjelasan karya lewat Apps Harbour Arts Sculpture Park.

"Taman ini baru dibuka sebulan yang lalu tapi sudah punya daya tarik buat masyarakat dan anak-anak sekolah untuk datang bermain," ujar pemandu tur Sidney Luk, Selasa (27/3/2018).

'Pumpkin' Yayoi Kusama hingga Bongkahan Emas di Harbour Arts Sculpture ParkFoto: (Agnes/detikhot)



Berjalan dari sudut dekat Central Pier, pengunjung dapat menemui patung 'Hong Kong Blues' karya Rasheed Araeen, 'Bearlike Construction' ciptaan Gimhongsok, dan patung 'White Horse' Mark Wallinger.

Ada juga sepasang kaki berukuran raksasa yang menggunakan sendal jepit karya Matthew Tsang Man Fun, susunan batu bata seperti batu bertumpuk yang fenomenal di Indonesia beberapa waktu lalu karya Antony Gormley 'Dave Vi' hingga bongkahan emas 'Untitled' karya Bosco Sodi.

'Pumpkin' Yayoi Kusama hingga Bongkahan Emas di Harbour Arts Sculpture ParkFoto: (Agnes/detikhot)


Kalau tak ingin terlewat, silakan melihat penjelasan lewat Apps Harbour Arts Sculpture Park. Namun, jangan coba-coba menaiki patung maupun berpose selfie terlalu dekat karena di beberapa patung terdapat penjaga yang serius mengawasi kondisi karya.

Taman patung yang dibangun oleh Hong Kong Arts Centre dengan dukungan partner H Queen oleh Henderson Development Limited itu bisa dilihat publik sampai 11 April 2018.
(tia/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com