Laporan dari Hong Kong

248 Galeri dari 32 Negara Ramaikan Art Basel Hong Kong 2018

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 27 Mar 2018 13:41 WIB
Foto: Tia Agnes
Hong Kong - Art Basel Hong Kong edisi keenam segera dibuka untuk umum. Art fair bergengsi di dunia yang merupakan perpanjangan dari Art Basel dan Art Basel Miami akan menampilkan 248 galeri seni ternama dari 32 negara tahun ini.

Karya-karya yang ditampilkan adalah mahakarya modern dari abad ke-20 sampai karya seni kontemporer. Sebanyak 28 galeri baru pertama kalinya memajang karya termasuk galeri dari Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah. Serta 14 galeri dari kawasan Asia dan Asia Pasifik.


Galeri-galeri asal Asia pun tak ketinggalan unjuk gigi. "Sekitar 40 persen berasal dari Asia. Galeri seni di Asia merupakan bagian utama dari art fair ini yang juga menjadi kekuatan dari Art Basel Hong Kong," ujar Global Director Art Basel Marc Spiegler saat jumpa pers di Hong Kong Convention Center and Exhibition Center (HKCEC), Selasa (27/3/2018).

"Kami berterima kasih kepada galeri yang baru datang ke sini untuk mendukung penyelenggaraan Art Basel sampai melewati samudera untuk sampai ke sini," ujar Marc Spiegler.
248 Galeri dari 32 Negara Ramaikan Art Basel Hong Kong 2018248 Galeri dari 32 Negara Ramaikan Art Basel Hong Kong 2018 Foto: Tia Agnes


Art Basel Hong Kong untuk keenam kalinya pun mengukuhkan diri sebagai art fair bertaraf internasional. "Saat kami datang dengan rencana Art Basel HK 8 tahun lalu, tidak terasa sudah sampai sejauh ini. Hari ini untuk kesekian kalinya kami mendapatkan highlight internasional," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]

Di Art Basel Hong Kong sendiri ada dua galeri seni Indonesia yang turut memajang karya. Yakni ROH Projects dan NADI Gallery. Hari ini mulai pukul 14.00 waktu setempat, Art Basel Hong Kong akan dibuka khusus awak media dan kelas VIP. Art fair-nya sendiri berlangsung sampai 31 Maret 2018.
(tia/mah)