DetikHot

art

23 Karya Topeng Noh dari Jepang Dipamerkan di Bandung

Kamis, 08 Mar 2018 17:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
23 Karya Topeng Noh dari Jepang Dipamerkan di Bandung 23 Karya Topeng Noh dari Jepang Dipamerkan di Bandung Foto: Istimewa
Jakarta - Ajang Japan-Indonesia International Friendship Exhibition yang mengusung tema 'Neo Asia Neo Japan' 2018 dibuka di Bandung pada 6 Maret lalu. Ada 23 karya topeng noh karya seniman topeng Yasushi Mizutani yang dipamerkan.

Ke-23 karya Topeng Noh dengan berbagai karakter wajah yang berbeda itu menjadi simbol kekuatan budaya tradisi Jepang. Kurator pameran Agus Cahyana mengatakan Topeng Noh merupakan bukti keberlanjutan seni tradisi yang tetap terjaga dan terus diwariskan pada setiap generasi di Jepang.



"Penghargaan terhadap nilai tradisi yang mengemuka lewat bentuk topeng Noh telah menjadi inspirasi bagi banyak karya seni kontemporer di Jepang, tidak hanya terbatas pada karya seni patung, tetapi telah mempengaruhi berbagai perupaan produk budaya popular di Jepang, seperti pada animasi, manga, ataupun karya-karya popular lainnya," tutur Agus dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (8/3/2018).

Lewat pameran ini, pengunjung eksibisi khususnya masyarakat Jepang dapat sedikit 'pencerahan' mengenai seni tradisional yang tetap dijadikan ikon kebudayaan.



"Di Indonesia sendiri, tradisi penggunaan topeng untuk pertunjukan sudah ada sejak lama, seperti di Bali, Cirebon, Dayak, hingga pedalaman Papua. Keberagaman bentuk, karakter, dan fungsi topeng di Indonesia tersebut hanya sebatas untuk dikagumi sebagai warisan budaya yang layak untuk dijadikan tanda mata dari satu wilayah," tutur Agus.

Selain itu, pameran persahabatan Jepang-Indonesia berlangsung di Galeri 212 FSRD ISNI Bandung sampai 9 Maret mendatang.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed