DetikHot

art

13 Lukisan Picasso Dibeli Rp 2,2 T oleh Satu Kolektor London

Jumat, 02 Mar 2018 10:32 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
13 Lukisan Picasso Dibeli Rp 2,2 T oleh Satu Kolektor London 13 Lukisan Picasso Dibeli Rp 2,2 T oleh Satu Kolektor London Foto: Istimewa
Jakarta - Pembelian massal terhadap karya-karya Pablo Picasso terjadi di Inggris. Seorang kolekor London menghabiskan Rp 2,2 triliun membeli 13 karya Picasso yang masih dirahasiakan namanya.

Lewat tangan seorang firma penasihat seni Gurr Johns bernama Harry Smith, dia menyebut membeli empat karya Picasso. Termasuk di antaranya adalah potret kekasih Picasso di tahun 1937 senilai Rp 981 miliar di Balai Lelang Sotheby pada Rabu malam (28/2).

Sebelumnya Smith membeli sembilan karya seniman asal Spanyol itu di Balai Lelang Christie. Jika ditotal harganya mencapai Rp 2,2 triliun sepanjang pekan ini.



"Picasso adalah seniman abad ke-20 yang megah dan karyanya menarik bagi kolektor dan pecinta seni dari seluruh dunia," kata Smith dilansir dari Guardian.

"Lukisan Marie-Thérèse adalah potret karya Picasso. Daya tariknya terletak pada subyek, tanggal, kondisi, asalnya, dan fakta bahwa dia benar-benar laku di pasaran. Pasar seni memiliki ketersediaan Picasso yang cukup teratur dan sangat jarang melihat karya Picasso di pasar seperti ini," tuturnya.

Lukisan kekasih Picasso Marie-Thérèse, yang disebut 'Femme au Béret et à la Robe Quadrillée' sebelumnya dimiliki oleh keluarga sang seniman. Karya itu diselesiakan hanya beberapa bulan setelah dia menyelesaikan mahakarya di tahun 1937 'Guernica' dan 'Weeping Woman'.

Sampai saat ini kolektor yang membelinya dirahasiakan dan tak ingin diungkapkan namanya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed