DetikHot

art

Lukisan 'Mona Lisa' Afrika Terjual Rp 23 Miliar

Kamis, 01 Mar 2018 13:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Mona Lisa Afrika Terjual Rp 23 Miliar Lightsaber Terakhir Darth Vader Terungkap di Komik Terbaru Foto: Reuters
Jakarta - Lukisan 'Mona Lisa' Afrika yang bertahun-tahun hilang dan baru saja ditemukan di apartemen London akhirnya dilelang. Potret putri Nigeria itu berhasil terjual £1.2 juta atau sekitar Rp 23 miliar pada Rabu (28/2/2018).

Lukisan yang berjudul 'Adetutu "Tutu" Ademiluyi' karya Ben Enwonwu merupakan karya berharga dalam seni rupa Afrika. Dilukis pada 1974, potret Tutu menjadi ikon nasional dari negara Nigeria.

"Karyanya punya jadi makna budaya yang sangat besar dan dianggap sebagai lukisan langka," ujar Direktur Seni Modern Afrika, Giles Peppiatt, dilansir dari Guardian.



Peppiatt menemukan lukisan tersebut setelah keluarga di London bagian utara menghubunginya dan menyatakan ingin menjual lukisan. Setelah diselidiki, pihak keluarga sangat terkejut karena lukisan dianggap sebagai mahakarya yang hilang.

"Saya sangat senang untuk berperan dalam penemuan lukisan dan penjualan karya yang luar biasa ini," katanya lagi.

Enwonwu yang meninggal dunia pada 1994 silam dianggap sebagai bapak modernisme Nigeria. Dia membuat tiga lukisan seri Tutu yang lokasinya sampai saat ini masih menjadi misteri. Karya-karyanya menjadi simbol perdamaian setelah bentrokan antara kelompok etnis Nigeria-Biafran di akhir 1960-an.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed