DetikHot

art

Pecahkan Rekor! Lukisan Pablo Picasso tentang Kekasihnya Dilelang Rp 991 M

Kamis, 01 Mar 2018 10:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pecahkan Rekor! Lukisan Pablo Picasso tentang Kekasihnya Dilelang Rp 991 M Pecahkan Rekor! Lukisan Pablo Picasso tentang Kekasihnya Dilelang Rp 991 M Foto: Istimewa
Jakarta - Nama Pablo Picasso hilir mudik di balai lelang internasional. Kini Balai Lelang Sotheby's London menetapkan harga patokan pertama untuk lukisan yang berjudul 'Femme au Béret et à la Robe Quadrillée (Marie-Thérèse Walter)' senilai $ 69,4 juta atau sekitar Rp 991 miliar.

Lukisan yang dibuat tahun 1937 itu terinspirasi dari kekasih Picasso. "Ini adalah lukisan yang fantastis," ujar Gérard Faggionato, seorang juru bicara dari David Zwirner Gallery di London.

"Saya belum pernah melihat lukisan Picasso yang begitu bersemangat untuk waktu yang lama. Lihatlah kekuatan yang ada di kanvasnya," tuturnya dilansir dari NY Times, Kamis (1/3/2018).



Di tahun yang sama, Picasso juga melukis di atas kanvas berwarna seukuran 22 inci yang cerah dengan judul 'Guernica' dan 'The Weeping Woman'. Picasso bertemu dengan kekasihnya yang juga muse-nya Marie-Thérèse Walter pada 1927.

Satu dekade berikutnya, Walter melahirkan putri Picasso yang bernama Maya. Dan bersaing memperebutkan perhatian sang seniman dengan Dora Maar, yang menjadi model untuk 'Weeping Woman'.

Picasso sekarang menjadi seniman modern yang paling 'bankable'. Di penjualan Sotheby yang sama, lukisan Picasso juga dijual di balai lelang yang sama.

"Picasso adalah merk yang sangat kuat. Bila Andsa memiliki Picasso, Ada tahu itu adalah tampilan Picasso dan secara konsisten lukisannya punya masa depan," tukasnya.




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed