detikHot

art

10 Komunitas Seni Terpilih akan Pentas di Galeri Indonesia Kaya

Selasa, 27 Feb 2018 13:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Kalanari Theatre Movement saat pentas di SIPFest, Komunitas Salihara Foto: Witjak Widhi/ Komunitas Salihara Kalanari Theatre Movement saat pentas di SIPFest, Komunitas Salihara Foto: Witjak Widhi/ Komunitas Salihara
Jakarta - Pada Maret mendatang, Galeri Indonesia Kaya (GIK) mempersembahkan pertunjukan 10 komunitas seni setiap akhir pekan. Ke-10 komunitas yang terpilih berada di program 'Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia' yang digagas sejak 2016 lalu bersama Garin Nugroho.

Dalam keterangan pers yang diterima, serangkaian roadshow sudah dijalankan dan terpilih 25 peserta kelompok seni. Para perwakilan kelompok pun diundang untuk mengikuti workshop di GIK selama empat hari.

Di akhir sesi workshop, masing-masing kelompok menampilkan karyanya kepada para panelis. Maka terpilihlah 10 kelompok seni yang nantinya bakal pentas bulan depan sampai awal April.



Pada 3 Maret ada pertunjukan 'Rubah Lost in Puppets' dari Rubah di Selatan (Yogyakarta). Dilanjutkan esok hari dengan 'Sosak' dari Malaydansstudio koreografer Riyo Tulus Penando (Kampar, Riau).

Di pekan kedua Maret ada pementasan 'Gen' karya Bumi Bajra (Bali) dan 'Baromban dan Mitos Tambang' dari Sasikirana Dancelab (Bandung). Di kota yang sama juga ada JP Art yang bakal mementaskan 'Dewi Legenda Jawa Barat'.

Kemudian komunitas seni dari Ibu Kota menampilkan 'Bala' lalu pada 25 Maret ada Flying Balloons Puppet (Yogyakarta) dengan 'Natuh'. Akhir Maret ada Maha Dance (Papua) yang menampilkan 'King. Awal April ada Kalanari Theatre Movement asal Yogyakarta yang menggelar 'Moro a Fashion Story'.

Pentas dari Kalanari Theatre Movement menutup perhelatan 'Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia'. Di proses persiapannya, 10 komunitas seni didampingi oleh mentor di antaranya adalah Garin Nugroho, Subarkah Hadisarjana, Iswadi Pratama, Rama Soeprapto, dan Nano Riantiarno.




(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com