DetikHot

art

10 Selebriti Hollywood yang Juga Kolektor Seni

Jumat, 23 Feb 2018 16:12 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
10 Selebriti Hollywood yang Juga Kolektor Seni 10 Selebriti Hollywood yang Juga Kolektor Seni Foto: Widewalls
Jakarta - Kolektor seni tak hanya berasal dari kalangan pengusaha, pemilik real estate atau pencinta seni yang hobi mengoleksi. Di Hollywood, banyak selebriti yang juga menjadi kolektor dan memiliki hobi membeli karya seni.



Berikut 10 selebriti Hollywood yang juga berprofesi sebagai kolektor, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Pharrel Williams

Penthouse yang dimiliki oleh Pharrel Williams terdapat banyak koleksi seni. Dia diketahui penggemar berat pematung kontemporer asal Jepang Takashi Murakami dan KAWS. Bahkan dia juga mengoleksi karya seni Keith Haring, Daniel Arsham, dan lain-lain. Pada 2015 lalu, hasil koleksinya dipamerkan di Design Exchange, Toronto.

2. Leonardo DiCaprio

Selama beberapa tahun terakhir, Leonardo DiCaprio menghadiri pelelangan dan pameran seni dari New York ke Miami. Di tahun 2013, DiCaprio pernah mengadakan lelang di Christie's untuk isu lingkungan. Namun, DiCaprio juga diketahui mengoleksi karya seni seniman dunia seperti Jean-Michel Basquiat, Ed Ruscha, Todd Schorr, dan Mark Ryden. Lukisan Salvador Dali, Takashi Murakami, serta Oscar Murillo juga dikoleksinya.

3. David dan Victoria Beckham

Selama hampir satu dekade, pasangan Beckham telah mengumpulkan koleksi seni senilai lebih dari 30 juta euro. Koleksinya berada di London, Milan, dan Los Angeles. Di London, Beckham membeli satu karya seni Damien Hirts. Beckham juga mengoleksi karya Banksy, Tracey Emin, Taylor Wood, serta Dios Chapman.

4. Jay Z dan Beyonce

Di antara pasangan fenomenal tersebut, Beyonce diketahui paling banyak mengoleksi karya seni. Dia membeli dua lukisan Damien Hirst, Any Warhol, David Hammons, George Condo, Jean-Michel Basquiat, sampai Pablo Picasso yang melegenda.

Pasangan ini juga sudah terlihat beberapa kali berada di Art Basel Miami. Pada 2013 lalu, dia membeli karya seniman jalanan Hebru Brantley.

5. Rapper Swizz Beatz

Dia memiliki koleksi seni dari Andy Warhol, Salvador Dali, Jean-Michel Basquiat, Swoon, Enie Barnes, KAWS, Takashi Murakami, dan Cecily Brown.

6. Chris Martin

Meski Chris Martin tidak tergolong selebriti yang gemar mengoleksi karya seni namun pernah ada cerita mengenai pelelangan yang diperebutkan antara Charlize Theron dan Chris Martin. Lukisan Banksy yang berjudul 'Re Balloon' ditawarkan untuk dijual sekitar Rp 9,2 juta. Mantan suami Gwyneth Paltrow itu mampu memenangkannya.

7. Brad Pitt dan Angelina Jolie

Brad Pitt diketahui sebagai salah satu aktor yang kerap menghabiskan uang dalam banyak hal. Termasuk mengoleksi karya seni. Di tahun 2009 di Art Basel, Pitt membeli lukisan 'Neo Rauch' seharga Rp 14 miliar.

Dia juga diketahui membeli karya Yayoi Kusama, Marcel Dzama, dan Banksy.

8. Tobey Maguire

Tak ada yang tahu si 'Spiderman' ternyata menyukai karya seni. Tobey Maguire terlihat di Art Basel Miami dan beberapa lelang seni untuk menawar lukisan. Pada 2007, dia membeli lukisan karya seniman Jepang, Kaz Oshiro.

9. Moby

10 Selebriti Hollywood yang Juga Kolektor Seni10 Selebriti Hollywood yang Juga Kolektor Seni Foto: Widewalls

Karya seni yang disukainya didomonasi oleh furniture modern Denmark dan kamerra vintage. Namun, ruang tamunya dipenuhi oleh karya seni David Lynch, Mark Ryden, dan Shepard Fairey.

10. Sir Elton John

Dia dikenal sebagai kolektor seni kontemporer yang pemilih. Sir Elton John juga mengoleksi karya modern dan surealisme seperti karya fotografi Man Ray dan Irving Penn. Dia juga memiliki karya-karya dari seniman Keith Haring, Andy Warhol, Damien Hirst, dan Philip Taaffe.
(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed