DetikHot

art

Nia Dinata Buka Pameran Seni 'Perempuan (di) Borobudur'

Rabu, 21 Feb 2018 12:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Nia Dinata Buka Pameran Seni Perempuan (di) Borobudur Nia Dinata Buka Pameran Seni 'Perempuan (di) Borobudur' Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pameran seni 'Perempuan (di) Borobudur' sukses dibuka semalam di Galeri Nasional Indonesia. Produser Nia Dinata turut hadir membuka eksibisi yang berlangsung hingga 5 Maret 2018.

Pameran seni rupa dan sastra yang bertemakan pada relief figur perempuan di Candi Borobudur itu memang fokus utamanya sama seperti Kalyana Shira. Beberapa film yang dibuat oleh production house Kalyana Shira menjadikan tema perempuan sebagai pokok bahasan seperti 'Berbagi Suami', 'Arisan', dan yang paling terbaru 'Tiga Dara'.



Lewat pameran seni rupa yang ditampilkan oleh perupa Dyan Anggarini dan penyair Landung Simatupang, kesetaraan tersebut terlihat nyata.

"Ketika saya merasakan jiwa dan konsep dari pameran ini, saya pikir ini adalah contoh bahwa ternyata kolaborasi untuk setara bisa dilakukan di mana saja. Dari mulai berkarya dan berkesenian, berpuisi dicampur seni rupa. Dan saya dalam membuat film harus berkolaborasi dengan banyak pihak," tutur Nia Dinata saat sambutan di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia pada Rabu (21/2/2018).

"Pameran ini adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh pelaku seni perempuan dan laki-laki," tambahnya lagi.

Di eksibisi kali ini ada 37 karya dua dimensi dan tiga dimensi yang memadukan antara seni rupa dan sastra. Keduanya merespons relief-relief bergambarkan figur perempuan yang ada di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed