DetikHot

art

Lukisan Michelle Obama Dikritik Tidak Tersenyum

Selasa, 13 Feb 2018 18:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Michelle Obama Dikritik Tidak Tersenyum Lukisan Michelle Obama Dikritik Tidak Tersenyum Foto: Dok. CNN
Jakarta - Lukisan Barack dan Michelle Obama diumumkan oleh pihak The Smithsonian's National Potrait Gallery pada Senin (12/2). Banyak yang memuji lukisan Barack Obama yang dilukis oleh Kehinde Wiley namun lukisan Michelle justru dikritik tidak tersenyum.

Salah seorang kritikus seni menuliskan potret Michelle Obama yang dilukis oleh Amy Sherald tidak seperti aslinya. Dilansir dari Guardian, Selasa (13/2), Michelle tampak tidak tersenyum dengan dagu bertumpu pada tangan kanannya.

Gaun berpola putih dikenakan Michelle oleh label desainer Michelle, Smith Milly. Lukisan potret tersebut diambil seorang fotografer saat dia bersama mantan ibu negara.



Seniman yang berbasis di Baltimore itu adalah seniman perempuan pertama yang memenangkan kompetisi Potrait Gallery Outwin Boochever Potrait. Usai lulus kuliah pada 2004, dia sempat didiagnosis menderita gagal jantung kongestif.

Delapan tahun kemudian, dia menjalani transplantasi dan terus menciptakan karya seni sebagai media penyembuhan. Meski lukisan Michelle Obama dikritik, istri Barack Obama itu memuji karya tersebut dan mengatakan bagi para pengunjung museum untuk melihat karya tersebut.

"Siapapun yang tahun depan akan datang ke tempat ini, mari lihat lukisan saya dan suami saya. Dan saya adalah salah satu perempuan beruntung yang potretnya dipajang di museum. Ketika saya memikirkan hal-hal yang terjadi di masa lalu, betapa luar biasa perjalanan kami bersama negara ini," tutupnya.




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed