DetikHot

art

Google Doodle Hari Ini, Penghormatan pada Pelukis Jerman Paula Modershon-Becker

Kamis, 08 Feb 2018 09:07 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Google Doodle Hari Ini, Penghormatan pada Pelukis Jerman Paula Modershon-Becker Foto: (ist)
Jakarta - Memperingati ulang tahun pelukis asal Jerman Paula Modershon-Becker yang ke-142, Google memberikan penghormatan lewat Google Doodle hari ini. Tepat tanggal 8 Februari 1876 silam, pelukis yang beraliran ekspresionisme itu lahir.

Di antara deretan lukisannya yang dipajang di galeri seni maupun museum kenamaan dunia, lukisannya yang menggambarkan potret telanjang dirinya adalah yang paling terkenal. Dia dikenal sebagai pelukis perempuan pertama yang melukis potret diri tanpa busana.

Besar di lingkungan keluarga berpendidikan, Paula yang diwajibkan bersekolah dan mempelajari banyak budaya. Di usia 16 tahun, dia bertekad menjadi seorang pelukis dan mulai belajar.

Ketika di London, dia bertemu dengan pelukis-pelukis hebat. Diantaranya adalah Otto Modershon, Firtz Mackensen sampai Heinrich Vogeler. Dia pun menikahi Otto Modershon, duda beranak satu yang di masanya sudah menjadi pelukis terkenal.

Dikenal sebagai pelukis ekspresionis yang berambisi, dan mampu menuangkan apa yang dirasa ke dalam lukisan. Seperti Matisse dan Pablo Picasso, kariernya menanjak naik meski dia meninggal dunia pada usia 31 tahun.

Sepanjang kariernya, Paula berhasil menciptakan 600-an lukisan dari periode 1897-1907 dan ribuan sketsa hasil studinya. Karya-karyanya tersimpan rapi di museum pribadinya.
(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed