DetikHot

art

Puluhan Foto Keindahan Alam Kota Tohoku Dipamerkan Perdana di Jakarta

Kamis, 18 Jan 2018 11:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Puluhan Foto Keindahan Alam Kota Tohoku Dipamerkan Perdana di Jakarta Puluhan Foto Keindahan Alam Kota Tohoku Dipamerkan Perdana di Jakarta Foto: Istimewa
Jakarta - Japan Foundation mempersembahkan pameran fotografi keindahan alam Tohoku dan relik peninggalan era Jomon di kota tersebut. Pertama kalinya dipamerkan di Jakarta, pameran akan dibuka pada 22 Januari mendatang.

Tohoku merupakan wilayah di sisi timur laut Pulau Honshu, Jepang. Di era Jomon atau dikenal sebagai era terbentuknya negara Jepang, Tohoku disebut sebagai wilayah pusatnya aktivitas spiritual. Lewat pameran berjudul 'Tohoku Through The Eyes of Japanese Photographers' menampilkan puluhan foto dan relik peninggalan era Jomon.

Para fotografer pun menjepretnya dalam kurun waktu 1940 sampai 2010. Dikuratori oleh Kotaro Iizawa, hasil jepretan karya sembilan fotogarafer perorangan dan satu kelompok fotografer.



"Setiap fotografer menggambarkan Tohoku dari banyak sisi. Taisuke Chiba dan Ichiro Kojima dari tahun 1950 sampai 1960an, Hideo Haga, Masatoshi Naito, dan Masaru Tatsuki yang mengabadikan festival dan ritual kepercayaan masyarakat," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikHOT, Kamis (18/1/2018).

Sedangkan Hiroshi Oshima dan Naoya Hatakeyama menggabungkan pengalaman pribadi dengan pemandangan sekitarnya. Nao Tsuda mengumpulkan sisia relik era Jomon, dan lain-lain.

Setelah digelar pada 22-30 Januari di Bentara Budaya Jakarta, pameran akan dilanjutkan ke Orasis Art Gallery Surabaya pada 9-31 Maret 2018. Pameran ini juga menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed