DetikHot

art

Pasca Seabad, Sketsa Langka Van Gogh Dipajang Perdana di Belanda

Rabu, 17 Jan 2018 10:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pasca Seabad, Sketsa Langka Van Gogh Dipajang Perdana di Belanda Pasca Seabad, Sketsa Langka Van Gogh Dipajang Perdana di Belanda Foto: Istimewa
Jakarta - Untuk pertama kalinya sketsa dan lukisan Vincent van Gogh dipamerkan di hadapan publik. Karya-karya yang belum pernah dilihat pecinta seni sebelumnya dikoleksi oleh kolektor pribadi.

Sketsa berjudul 'The Hill of Montmartre with Quarries' adalah karya monokrom Van Gogh yang berasal dari tahun 1886. Saat itu Van Gogh tinggal di Antwerp dan Paris, dan bekerja di studio pelukis Prancis terkemuka Fernand Cormon.

Pameran yang berlangsung di Museum Singer Laren di bagian tengah Belanda itu juga memajang sketsa langka 'The Hill of Montmarte'.



"Penemuan terhadap sketsa yang langka ini sangat bagus. Ini benar-benar luar biasa dan tidak sering terjadi," ujar peneliti senior Museum Van Gogh di Amsterdam, Teio Meedendorp, dilansir dari Guardian, Rabu (17/1/2018).

Selama bertahun-tahun dua sketsa tersebut tidak diketahui nasibnya. Kolektor yang memilikinya pun anonim, sampai dibawa ke Museum Van Gogh pada 2013 untuk otentifikasi karya.

"Setelah kami membuktikannya bahwa itu benar karya Van Gogh dan kami tertarik dengan pertanyaan asal usulnya," tambah dia.

Awalnya, sketsa dikoleksi oleh Johanna Van Gogh-Bonger, istri dari saudara laki-laki Van Gogh yang bernama Vincent Theo. Di tahun 1917, dia menjual koleksi pribadi tersebut. Selama dikoleksi, sketsa digantung di dinding ruang tamu pemiliknya.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed