DetikHot

art

'Writing in the Rain' FX Harsono Hadir di Times Square New York

Selasa, 09 Jan 2018 10:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Writing in the Rain FX Harsono Hadir di Times Square New York 'Writing in the Rain' FX Harsono Hadir di Times Square New York Foto: Ka-Man Tse/ Times Square Arts
Jakarta - Sepanjang Januari 2018, perupa FX Harsono menampilkan karya 'Writing in the Rain' di Times Square Advertising Coalition, New York. Karya performans art yang hadir dalam bentuk video dan dikurasi oleh tim Times Square Arts itu ditampilkan mulai tanggal 1 sampai 31 Januari mendatang.

Lewat akun Facebook pribadi, FX Harsono mengucapkan rasa terima kasihnya pada Asia Society dan berbagai pihak yang membantu mewujudkan karyanya tersebut.

"Thank you for Asia Society, Times Square Arts and Tyler Rollins," tulis FX Harsono seperti dikutip detikHOT, Selasa (9/1/2018).



Dalam situs Times Square Arts, dijelaskan karya 'Writing in the Rain' adalah penggambaran dari sang seniman yang menulis namanya dalam aksara Cina di dinding kaca dengan kuas dan tinta hitam. Dalam performans, ketika FX Harsono tengah menuliskan namanya, air yang menyerupai hujan tiba-tiba saja membasahi dinding dan menghapuskan tulisan tersebut.

'Writing in the Rain' FX Harsono Hadir di Times Square New York'Writing in the Rain' FX Harsono Hadir di Times Square New York Foto: Ka-Man Tse/ Times Square Arts


Karya tersebut berulang terus menerus. Di Times Square, karyanya ditayangkan pukul 23.00 sampai 24.00 waktu setempat selama 30 hari.

FX Harsono yang dikenal di seni rupa kontemporer Indonesia kerap terlibat dalam isu-isu sosial dan politik termasuk perannya di bidang sejarah, budaya, dan identitas yang direpresi. Harsono juga pernah terlibat dalam dua peristiwa penting yakni Desember Hitam (1975) dan Gerakan Seni Rupa Baru (1975-1989).

Sebelumnya, 'Writing in the Rain' pernah dipamerkannya di Tyler Rollins Fine Art, New York pada 1 Maret hingga 14 April 2012. 'Writing in the Rain' mengeksplorasi beragam fenomena-fenomena sosial berkaitan dengan sejarah hidupnya sebagai keturunan Tionghoa.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed