DetikHot

art

10 Seniman Muda yang Paling Bersinar di 2017

Sabtu, 23 Des 2017 10:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
10 Seniman Muda yang Paling Bersinar di 2017 Foto: Dok. Instagram/naufalabshar
Jakarta - Seniman-seniman muda Tanah Air sepanjang tahun ini banyak bermunculan, unjuk gigi pamer karya, dan menyemarakkan dunia seni Indonesia. Beberapa di antaranya tak hanya berkarier di Indonesia tapi juga berprestasi di tingkat internasional.

detikHOT pun memilih 10 seniman muda Indonesia yang menurut pilihan redaksi bersinar sepanjang tahun. Para seniman yang dipilih redaksi bukanlah paling baik dari jajaran predikat 'seniman terbaik', tapi detikHOT memilih berdasarkan beberapa hal.

Mulai dari pemilihan usia seniman, ada seniman yang profilnya pernah masuk program 'Spotlight' culture detikHOT, gagasan dalam berkarya yang dianggap memiliki 'kebaruan' hingga memenangkan sebuah kompetisi seni. Urutan di bawah ini terbilang acak.

Berikut 10 seniman muda 2017 pilihan tim redaksi detikHOT:

1. Abenk Alter

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini 10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Lama berkecimpung di dunia musik lewat Soulvibe, Abenk Alter memutuskan keluar dari grup musik yang membesarkan namanya pada 2014 lalu. Pria yang bernama lengkap Rizki Rizaldi Ranadireksa kini makin mengukuhkan kiprahnya di ranah seni visual. Sejak akhir 2016, Abenk mencoba peruntungannya dengan menjadi seniman visual. Beberapa kali, suami dari Andra Alodita ini mengikuti beragam pameran kolektif.

Baru-baru ini, Abenk Alter bersama Glenda Sutardy dan Mark Schdroski menggelar eksibisi 'Place of Belonging' di RUCI Art Space yang dibuka awal bulan Desember.

"Lukisan menjadi salah satu medium eksplorasi dari apa yang ingin saya lakukan. Akarnya adalah pencarian untuk mengenal diri saya yang lebih dalam, mungkin itu alasan kenapa saya kuliah filsafat. Yang akhirnya melukis dan berkarier sebagai seniman," kata Abenk ketika mengobrol dengan detikHOT belum lama ini.

2. Hana Madness

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini 10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Kreasi doodle-doodle Hana Madness menggema ke penjuru kota di Indonesia dan Inggris. Di balik karya penuh warna yang lucu nan menggemaskan dari perempuan yang bernama asli Hana Alfikih itu terdapat sekelumit cerita.

Sosok Hana yang periang dan ramah kepada lawan bicara, serta lengan yang dipenuhi rajah itu menceritakan secara terbuka mengenai karya seninya. Termasuk diagnosa awal skizofrenia hingga gangguan bipolar yang diidap Hana sampai sekarang.

Tanpa ditanya lebih lanjut mengenai kondisi kejiwaannya, Hana langsung bercerita, "Gue punya gangguan disabilitas mental. Gue merasa butuh sesuatu untuk dijadikan senjata. Menunjukkan kalau ada eksistensi diri gue," ujar Hana kepada detikHOT, belum lama ini.

3. Alvian Anta Putra

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini 10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Nama Alvian Anta Putra terbilang baru di ranah seni lukis Tanah Air. Namun, ketika lukisannya berhasil memenangkan kompetisi seni lukis UOB, namanya kian mencuat dan bersinar.

Lewat lukisan berjudul 'Diskusi', nama pria kelahiran Yogyakarta pada 29 November 1995 itu berhasil memenangkan kategori most promising artist 2017 di ajang UOB Painting of the Year. Dia mengalahkan ratusan nama lainnya yang mendaftar di kategori seniman pendatang baru.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa ini aktif di dalam pameran di Yogyakarta. Salah satunya adalah pameran 'Art for Orangutan #2' yang digelar di Jogja National Museum pada 2016 serta pameran di Galeri Nasional Indonesia pada 2012. Beberapa penghargaan juga pernah diraihnya, seperti Karya Terbaik di Dies Natalis UST ke-61 di tahun 2016.

4. Muklay

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini 10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Mendengar nama Muchlis Fachri atau akrab disapa Muklay pastinya akan teringat dengan warna-warna mentereng dan seni ilustrasi lowbrow. Torehan karya Muklay tersebar di berbagai merchandise dan digemari anak muda.

Muklay menjadi salah satu seniman generasi muda yang diperhitungkan namanya. Lewat ajang Animamix Biennale, Muklay memajang satu karya seni instalasi seruangan penuh yang berjudul 'Me, Sneakers, and Consumtive Society'. Gagasan berkarya Muklay di Animamix Biennale dianggap menarik oleh tim redaksi detikHOT karena terinspirasi dari kegemarannya mengenai sneakers.

5. Naufal Abshar

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Istimewa/Tia Agnes

Melihat karya-karya Naufal Abshar sekilas tak tampak memusingkan dan terlalu njelimet. Kesan penuh komedi dan penuh warna justru mengajak orang yang melihat untuk tertawa dan menertawakan keadaan.

Lulusan LASALLE College of the Arts dan Goldsmith University di London mengeluarkan seri lukisan 'HAHA' sejak masih berkuliah. Pria kelahiran 1993 itu menceritakan mengenai konsep berkarya.

"Kita itu butuh humor yang dibutuhkan manusia. Kita sudah stres bekerja, stres dengan macet, dan stres dengan masalah sendiri. Makanya gue mau bikin karya yang orang lihat itu bikin happy," ujar Naufal Abshar, ketika mengobrol dengan detikHOT di ajang Art Jakarta 2017.

6.WedharRiyadi
10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Tia Agnes/ detikHOT

'Gigantik' atau luar biasa dan 'ngepop' mungkin kata yang pas untuk menggambarkan karya seni instalasi 'Floating Eyes' ala Wedhar Riyadi. Karya tersebut dipajang di halaman depan Jogja National Museum (JNM) sebagai lokasi penyelenggaraan Art Jog 10. 'Floating Eyes' merespons maraknya perkembangan teknologi masa sekarang sekaligus mengkritik fenomena dunia maya. Warna-warna yang ditampilkan Wedhar Riyadi sengaja agak ngepop.

Wedhar Riyadi tergolong seniman muda yang dipengaruhi zaman peralihan, ketika pengaruh Jepang mulai masuk ke dalam bentuk hiburan. Komik, anime, game nintendo, dan teknologi informasi mulai merebak luas di Tanah Air. Pengaruh tersebut bergesekan dengan budaya Yogyakarta yang dimiliki Wedhar Riyadi.

Sejak berkarier dan berkarya periode akhir 1990an dan awal 2000an, Wedhar Riyadi memang sudah terpengaruh akan komik, anime, dan beragam karakter. Di karyanya kali ini unsur budaya populer tetap ada.

7. Bambang Nurdiansyah

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Dok.Bambang Nurdiansyah

Sosok kepala manusia yang ditumbuhi tanaman dan dedaunan maupun objek-objek yang dihiasi tumbuhan menjadi 'makanan' sehari-hari dari Bambang Nurdiansyah. Karya surealis ciptaannya mampu menarik minat penikmat seni dan masyarakat umum.

Di akun Instagram pribadinya, jika ditelisik karya pria yang akrab disapa Bembeng itu kerap dipenuhi 'hortikultura'. Proses kreatif yang bermula dari iseng-iseng tersebut, mulai serius dilakoni sejak 2008 silam.

Bermula dari lukisan realis, karya Bembeng lambat laun berubah haluan menjadi surealis. Ketika mulai melanjutkan studi ke Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mengambil jurusan Seni Rupa Murni dengan minat utama Seni Lukis, ciri khas di karyanya pun mulai matang.

8. Roby Dwi Antono

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Dok.Roby Dwi Antono


Di antara sederet pelukis muda, nama Roby Dwi Antono patut diperhitungkan di ranah seni rupa. Lukisan-lukisannya kian dilirik galeri mancanegara dan mulai mengikuti beragam bursa seni internasional.

Jika ditelisik, karya Robi lebih ke arah surealis dan lebih imajinatif. Ketika mengobrol kepada detikHOT, gaya ditorehkannya memang karena dia menyukai karya Mark Ryden dan Marion Peck.

"Saya menyukai karya Mark Ryden dan Marion, selain sureal atau imajinatif juga membuat orang-orang penasaran. Karena Mark Ryden menggambarkan banyak simbol-simbol di setiap karyanya. Bahkan menimbulkan multi-interpretasi bagi penikmatnya," katanya belum lama ini.

9. Radhinal Indra

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Dok.Radhinal Indra

Apa yang ada di benak ketika mendengar kata astronomi? Cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit dan fenomena yang ada di luar angkasa itu berhasil diwujudkan Radhinal Indra dalam bentuk karya seni.

Gagasan utama adanya hubungan antara hal-hal yang terjadi di luar bumi atau astronomi dan komponen dalam tubuh manusia (mineral dan zat besi) memiliki kesamaan. Ide tersebut yang dituangkan pria kelahiran Bima, Sumbawa itu dalam 11 karya seni di RUCI Artspace Jakarta yang dibuka pada 27 Oktober lalu.

10. Gilang Anom Manapu

10 Seniman Muda TerHOT Tahun Ini Foto: Go Ahead Challenge

Kemenangan dari Gilang Anom Manapu asal Bandung di ajang Go Ahead Challenge terbilang langka. Pria berusia 20 tahun ini juga menampilkan live performance berjudul 'Sunscript 0.3' di area A Space selama malam penganugerahan. Di dekat live performans yang dipentaskannya, Gilang memamerkan drawing cipaannya.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed