DetikHot

art

Terinspirasi Mahatma Gandhi, Karya Bagus Pandega di Amsterdam Dipuji Publik

Rabu, 06 Des 2017 11:51 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Terinspirasi Mahatma Gandhi, Karya Bagus Pandega di Amsterdam Dipuji Publik Terinspirasi Mahatma Gandhi, Karya Bagus Pandega di Amsterdam Dipuji Publik Foto: baguspandega/ instagram
Jakarta - Di antara puluhan nama seniman yang berpartisipasi di ajang Amsterdam Light Festival (ALF), ada nama Bagus Pandega. Dia memajang karya yang terdiri dari 800 lampu sirene dan terinspirasi dsari kutipan pemimpin spiritual Mahatma Gandhi.

Kutipan yang bertuliskan 'Be the change that you wish to see in the world' dianggap tepat dihadirkan Bagus dan sesuai dengan tema ALF. Ketika dihubungi detikHOT, seniman asal Bandung itu menceritakan alasan pemilihan kutipan Gandhi.

"Saya rasa pesan ini sangat cocok dengan konsep yang saya hadirkan dalam karya saya, karena melihat keadaan dunia secara global, dan juga Amsterdam merupakan hubungan yang sangat penting di Eropa," katanya.



Sosok Gandhi dianggapnya mampu memberikan perubahan tanpa menggunakan kekerasan. Karya Bagus pun sudah dibuka sejak 30 November lalu, hingga kini respons publik cukup baik.

"Dari pihak penyelenggara mereka sangat puas dengan karya saya, mereka sangat memaksimalkan semua tim mereka untuk merealisasikan karya saya. Untuk mereka, karya saya adalah salah satu yang terbaik dalam festival ini. Saya merasa sangat terharu," tutur Bagus.

Amsterdam Light Festival masih berlangsung sampai 21 Januari 2018 mendatang. Karya-karya para seniman akan menerangi kota Amsterdam selama 53 hari berturut-turut.


(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed