DetikHot

art

Karya Seni Bagus Pandega Hadir di Amsterdam Light Festival

Rabu, 06 Des 2017 09:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya Seni Bagus Pandega Hadir di Amsterdam Light Festival Karya Seni Bagus Pandega Hadir di Amsterdam Light Festival Foto: Amsterdam Light Festival
Jakarta - Seniman asal Bandung Bagus Pandega dikenal dengan karya yang bereksperimen terhadap suara hingga cahaya. Lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), kini sedang memamerkan karya di ajang Amsterdam Light Festival (ALF), Belanda.

Festival yang fokus pada pencahayaan itu merupakan tiga besar sekaligus yang terbaik di Eropa. Bergengsinya festival membuat Bagus mengirimkan proposal karya lewat sistem pendaftaran terbuka atau open call.

"Sebenarnya ini kali kedua saya apply, karena apply yang pertama gagal, tidak diterima. Mungkin karena pertimbangan desain dan teknis yang masih kurang dan terbatas," ujar Bagus ketika dihubungi detikHOT, Rabu (6/12/2017).

Tak menyerah, peraih juara ketiga Bandung Contemporary Art Award (2012) ini mencoba mendaftar kembali.



"Saya apply kembali dengan eksperimen yang lebih matang dan proposal yang lebih baik lagi. Saya sangat bersyukur bisa terlibat di acara yang sangat besar ini. ALF itu tiga besarnya lighting festival terbaik di Eropa," tuturnya.

Lewat karya seni yang berjudul 'Be the change that you wish to see in the world', Bagus memasangnya membentuk huruf-hurut tersebut dan terdiri dari 800 lampu sirene. Karya Bagus dipajang di dekat stasiun pusat dan berada di atas jembatan kereta.

Karya Seni Bagus Pandega Hadir di Amsterdam Light FestivalKarya Seni Bagus Pandega Hadir di Amsterdam Light Festival Foto: Amsterdam Light Festival


Ajang Amsterdam Light Festival kali ini berhasil membuat 900 pendaftar yang terdiri dari desainer, arsitek, dan seniman dari 45 negara mengirimkan proposal karya. Sebanyak 35 karya lolos seleksi. Salah satunya adalah seniman asal China, Ai Weiwei.

Festival dibuka 30 November 2017 dan masih berlangsung sampai 21 Januari 2018. Karya-karya para seniman akan menerangi kota Amsterdam selama 53 hari berturut-turut.


(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed