DetikHot

art

Sejarawan Temukan Jejak Rahasia dari Leonardo da Vinci

Selasa, 05 Des 2017 10:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sejarawan Temukan Jejak Rahasia dari Leonardo da Vinci Sejarawan Temukan Jejak Rahasia dari Leonardo da Vinci Foto: Getty Images
Jakarta - Sosok Leonardo da Vinci dipuji sebagai seniman hebat di masanya. Pelukis beraliran Renaisans itu tidak hanya mampu melukis 'Mona Lisa' dan 'Salvator Mundi saja', namun juga menciptakan rancangan yang paling terkenal adalah helikopter, panah silang, dan laras triple-barrel.

Lewat buku 'Leonardo da Vinci, author, and Tulane University' yang ditulis oleh Walter Isaacson, dia mampu memetakan jejak rahasia tentang da Vinci. Termasuk persoalan uban yang ternyata menjadi ketakutan dari pelukis 'Mona Lisa' tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (5/12/2017), saat menyisir lebih dari 7000 halaman catatan da Vinci mulai dari sketsa geometris sampai daftar tugas, Isaacson menemukan resep asli untuk mewarnai rambut pirang.



"Bayangkan seorang Leonardo da Vinci yang berusia 30 tahunan, saat itu dia benar-benar tampan, memiliki rambut keriting, tapi takut dengan uban," ujar Isaacson.

Saat itu, da Vinci menuliskan resepnya adalah rebus kacang dalam minyak mendidih lalu oleskan ke rambut. Namun, sayangnya Isaacson tidak menunjukkan secara spesifik sebelum dan sesudah hasil yang ditemukan dalam catatan da Vinci.

Di dalam bukunya, Isaacson juga menyebutkan lukisan 'Salvator Mundi' diragukan sebagai karya dari da Vinci. Dia menyebutkan beberapa alasan termasuk mengatakan lukisan yang termahal di dunia itu diduga dilukis oleh murid da Vinci.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed