Karya Instalasi Ai Weiwei Mulai Bersinar di Amsterdam Light Festival

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 29 Nov 2017 09:39 WIB
Karya Instalasi Ai Weiwei Mulai Bersinar di Amsterdam Light Festival Foto: Amsterdam Light Festiva
Jakarta - Festival cahaya tahunan yang berada di Amsterdam dimulai. Puluhan seniman dari seluruh dunia memboyong karya masing-masing untuk unjuk gigi. Salah satunya adalah Ai Weiwei.

Karya seni instalasi Ai Weiwei dan Cecil Balmond akan diresmikan saat pembukaan Amsterdam Light Festival 2017 pekan ini. Publik kota Amsterdam akan diterangi oleh 36 karya instalasi yang dirancang khusus untuk festival yang tahun ini menginjak tahun keenam.

Dilansir dari Guardian, Rabu (29/11/2017), karya seni instalasi Ai Weiwei mewakili batas teoritis dari kota yang dipenuhi oleh kanal. Pengunjung dapat mengalami karya berdasarkan tema 'Eksistensi' yang diusung tim penyelenggara.



Instalasi Ai Weiwei yang berjudul 'Thinline' berada di atas jembatan sepanjang 6,5 kilometer yang melintasi kota dan mewakili perbatasan. Sedangkan instalasi Cecil Balmond yang berjudul 'Infinita' berbentuk geometris dan menyerupai piramida retak dan mengambang di air.

Karya keduanya merefleksikan pada esensi keberadaan manusia dan apapun yang ada di bawah permukaan. Selain dua karya tersebut, ada 36 karya seni instalasi yang dipamerkan hingga 21 Januari 2018.

(tia/doc)