DetikHot

art

Melihat WNA Main Wayang Kancil di Kulfest 2017

Minggu, 26 Nov 2017 16:14 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Melihat WNA Main Wayang Kancil di Kulfest 2017 Foto: Kulfest 2017/ Hanif Hawari (detikHOT)
Kulon Progo - Jika biasanya wayang dimainkan oleh orang Jawa asli, lain hal nya dengan yang satu ini. Sarah Bilby, perempuan asal Australia ini rupanya sangat mahir dalam memainkan wayang.

Pertunjukan tersebut dapat dijumpai di Kulon Progo Festival 2017 (Kulfest 2017) di Bendung Khayangan, Kulon Progo, DIY.



detikHOT mendapat kesempatan untuk mengikuti serangkaian acara di Kulfest 2017 selama tiga hari penuh, 24 hingga 26 November 2017.

Dengan keuletannya, Sarah Bilby tampak mahir dalam memainkan wayang Kancil yang dipopulerkan oleh mendiang Ki Ledjar Subroto.
Alunan musik gamelan Jawa dan lantunan sinden pun mengiringi permainan tersebut.

Judul yang dimainkannya adalah berjudul 'Kancil Mencuri Ketimun'. Pesannya adalah ingin menyampaikan tentang masalah lingkungan, persahabatan, perilaku manusia, dan soal budi pekerti.

Melihat WNA Main Wayang Kancil di Kulfest 2017Foto: Kulfest 2017/ Hanif Hawari (detikHOT)


Sarah Bilby bercerita dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur oleh bahasa Inggris. Rupanya, Sarah adalah seorang murid Ki Ledjar yang mendalami wayang kulit, khususnya wayang kancil, sekaligus menjadikannya sebagai bahan tesis S2 pada 1997.

Di hari terakhir ini, masih ada penampilan lagi dari sang maestro tari, Didik Nini Thowok yang akan berkolaborasi dengan Ega Robot. Kemudian sebagai penutupnya akan ada Sheila On 7 di malam harinya.
(wes/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed