DetikHot

art

Komunitas Bissu hingga Didik Nini Thowok Buat Kagum Penonton Kulfest 2017

Minggu, 26 Nov 2017 10:25 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Komunitas Bissu hingga Didik Nini Thowok Buat Kagum Penonton Kulfest 2017 Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Kulon Progo - Kulon Progo Festival 2017 hari kedua semakin seru. Sebab, banyak sekali penampilan yang menakjubkan. Salah satunya dalam dunia seni tari. Mulai dari seni tari beberapa negara tetangga, hingga tarian tradisional dari daerah Indonesia.

Acara pun dimulai dari negara Jepang. Dengan menggunakan pakai tradisionalnya, Kimono, penari asal negara Sakura itu menunjukkan kebolehannya dengan sangat perlahan namun gemulai di depan para ratusan penonton.



Kemudian pertunjukan pun dilanjutkan dari komunitas Bissu Bugis, Sulawesi. Dengan menggunakan pakaian adat daerah tersebut, mereka semua membawakan tarian kebudayaan khas daerahnya.

Bissu di sini bukanlah orang yang tidak bisa bicara. Namun, di mana tarian itu bercerita tentang Bissu, adalah kaum Pendeta yang tidak mempunyai golongan gender dalam kepercayaan tradisional Tolotang, yang dianut oleh masyarakat Amparita Sidrap dalam masyarakat Bugis dari Sulawesi Selatan, Indonesia.

Golongan Bissu mengambil peran gender laki-laki dan perempuan. Mereka dilihat sebagai separuh manusia dan separuh dewa dan bertindak sebagai penghubung antara kedua dunia.



Tak sampai di sana, Didik Nini Thowok sebagai maestro tari Indonesia lagi-lagi menunjukkan kebolehannya di hari kedua Kulfest 2017. Berbeda dari kemarin, kali ini ia pun menampilkan sebuah tarian tradisional dari Malang, Jawa Timur. Yang bercerita tentang prajurit wanita bernama Proboretno.

Bukan Didik namanya jika tak piawai dalam menari. Dalam harmoni liukan tangan dan kakinya itu, Jari-jemari sang maestro pun terlihat sangat lentik ketika tampil di hadapan ratusan orang banyak.

Alunan musik Jawa menambah daya kecirikhasan tarian tersebut. Yaitu dengan permainan gamelan dan sindennya.

Kulon Progo Festival berlangsung tiga hari, 24 hingga 26 November 2017. Akan ada Sheila On 7 di hari terakhir pertunjukkan itu.


(hnh/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed