DetikHot

art

Sunaryo Gemar Menggambar Sejak Kecil hingga Dirikan Wot Batu

Jumat, 24 Nov 2017 10:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sunaryo Gemar Menggambar Sejak Kecil hingga Dirikan Wot Batu Foto: Seniman Sunaryo (Agnes/detikHOT)
Jakarta -

Seniman Sunaryo meraih anugerah Akademi Jakarta 2017 yang diumumkan tadi malam di Teater kecil, TIM. Dari atas panggung, pendiri Selasar Sunaryo Art Space itu menceritakan mengenai perjalanan kariernya dari kecil sampai sukses berkiprah di bidang seni.

"Sejak kecil saya menyukai pekerjaan tangan: menggambar, melipat-lipat kertas, memindahkan, dan menyusun benda-benda di dalam rumah. Mungkin itu juga yang akhirnya menuntun saya kuliah di Seni Rupa ITB," ujar Sunaryo di atas panggung, semalam.

Di antara pilihan studi yang ada saat itu, seni patung diakui Sunaryo yang membuatnya tertarik. "Karena bahasa trimatra yang kompleks, taktil, dan lebih dekat dengan tubuh saya."


Lingkungan Bandung pula yang membuat profesinya mendapatkan atmosfir bagus. Di tahun 1974, dia bergabung dengan DECENTA. "Saya bekerja sama dengan seniman-seninan dengan kepakaran yang berbeda. Selain membuat patung, saya juga melintas batas dengan melukis dan membuat seni cetak grafis sampai saat ini."

Selasar Sunaryo Art Space yang berada di Bukit Pakar Timur Bandung sudah menyelenggarakan 250 kegiatan. Selama hampir dua dekade berkarier sebagai seniman, Sunaryo merambah ke material batu yang punya makna simbolik. Tiga tahun lalu, dia mendirikan WOT BATU, sebuah taman patung, instalasi, maupun seni lanskap.

Baginya berkarya bukan tentang hasil tapi proses eksperimentasi dan pergulatan tema-tema. "Dua hal itulah yang akhirnya menuntun saya sebagai seorang seniman," pungkasnya.


(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed