DetikHot

art

Kalahkan Picasso, Lukisan Leonardo da Vinci Jadi Termahal di Dunia?

Jumat, 17 Nov 2017 16:02 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kalahkan Picasso, Lukisan Leonardo da Vinci Jadi Termahal di Dunia? Lukisan Leonardo da Vinci Foto: Getty Images
Jakarta - Pemberitaan mengenai lukisan 'Salvator Mundi' karya Leonardo da Vinci mengguncangkan publik seni lantaran berhasil terjual senilai Rp 6 triliun. Lukisan tersebut juga mengalahkan karya Pablo Picasso lain 'Les Femmers d'Alger' di tahun 2015.

Tingginya harga yang berhasil dilelang membuktikan hanya seikit karya Leonardo da Vinci yang eksis di dunia. Balai Lelang Christie's menyebutkan ada 20 lukisan yang pernah dibuatnya dan semua karya tersebut dipajang di museum-museum, sedikit di tangan kolektor.

Ahli seni membuktikan lukisan tersebut dilukis pada 1500 silam, dan kemungkinan sempat dimiliki oleh Raja Louis XII dari Prancis. Selama bertahun-tahun, masyarakat percaya lukisannya dilukis oleh orang lain. Di tahun 1958 pernah terjual 45 pounds atau sekitar $1,300.


Setelah dijual, 'Salvator Mundi' menghilang dan kembali ditemukan pada 2005. Sejak saat itu, lukisannya dikonservasi atau dipublikan ke dalam bentuk semula.

Dengan angka Rp 6 triliun yang berhasil dilelang, sebuah rekor baru bagi lukisan old master di dunia. Sebelumnya, angka tersebut dipegang oleh lukisan Pablo Picasso yang berjudul 'Les Femmes d'Alger' dengan angka Rp 2 triliun pada 2015 lalu.
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed