DetikHot

art

Pertunjukan 'Momen Metode' Buka Festival Teater Jakarta 2017

Kamis, 09 Nov 2017 07:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pertunjukan Momen Metode Buka Festival Teater Jakarta 2017 Foto: Festival Teater Jakarta (Agnes/detikHOT)
Jakarta -

Festival Teater Jakarta 2017 resmi dibuka pada Rabu (8/11) malam di kawasan Teater Kecil, TIM. Pertunjukan kolaborasi 'Momen Metode (Emma After Borges)' yang ditampilkan Bandar Teater Jakarta yang berdomisili di utara Ibu Kota itu berlangsung meriah.

'Momen Metode' terinspirasi dari salah satu cerpen penulis asal Argentina, Jorge Luis Borges. Dalam salah satu ceritanya, dia menuliskan tentang seorang perempuan buruh pabrik bernama Emma Zunz. Cerpen itu pula yang diinterpretasikan Bandar Teater Jakarta.

"Cuma ini menceritakan setelah kisah Emma. Dengan obyek yang dibalik bahwa atasannya yang dibunuh oleh publik," ujar sutradara pertunjukan Malhamang Zamzam ketika ngobrol dengan detikHOT, Rabu (8/11).

Pentas dimulai dari sisi belakang Teater Kecil. Emma diceritakan tengah sibuk membereskan piring-piring kotor di dekat bak cuci piring. Di seberangnya terdapat pria berkepala tong sampah dan membawa besi bak pedang.

Emma dibawa ke tengah-tengah massa, ruang penghakiman. Akalnya menolak, dia harus berpikir cara lain. Emma yang diwujudkan dalam sosok tiga perempuan itu berdemonstrasi dan menolak salah.

Di tengah kerumunan, ada sosok pria yang tubuhnya penuh kertas. Ia digiring oleh sekumpulan pria bertong sampah dengan alunan musik tanjidor. Di atas meja arsip pameran Festival Teater Jakarta, ia dilempari roti-roti oleh massa lalu mati menjadi arsip di tengah pameran yang digelar di lobi Teater Kecil.

"Kalau di cerpen, Emma yang mati. Di sini kebalikannya. Kami juga menaruh tanjidor sebagai penghubung dengan lokalitas masyarakat sini," terang Malhamang.

"Mengapa pertunjukan berakhir di lobi Teater Kecil, karena ini pentas kolaborasi dengan FTJ. Pada akhirnya Borges atau pengarang telah mati dan menjadi arsip sejarah," tuturnya lagi.

Dengan dibukanya FTJ tadi malam, maka hajatan teater se-Jakarta itu bakal dibuka. FTJ 2017 menampilkan 16 grup teater untuk berlomba sekaligus meresmikan pameran arsip awal teater modern Indonesia yang berjudul 'Era Para Bintang'.


(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed