DetikHot

art

Hito Steyerl Jadi Seniman Kontemporer Paling Berpengaruh di Dunia

Senin, 06 Nov 2017 14:57 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Hito Steyerl Jadi Seniman Kontemporer Paling Berpengaruh di Dunia Hito Steyerl Jadi Seniman Kontemporer Paling Berpengaruh di Dunia Foto: Guardian
Jakarta - Situs ArtReview mengeluarkan daftar 100 orang seniman paling berpengaruh di dunia. Seniman asal Jerman Hito Steyerl menempati posisi pertama mengalahkan Hans Ulrich Obrist yang dikenal sempat berpacaran dengan Marina Abramovic.

Hito Steyerl dikenal sebagai seniman sekaligus penulis yang mengambil posisi politik yang kuat. Dia tidak takut menantang kekuatan pasar seni.

Namanya masuk sejak tahun lalu yang berada di posisi ketujuh. Tahun ini komite yang terdiri dari 20 orang di dunia seni menempatkannya di posisi teratas.



Dilansir dari Guardian, Senin (6/11/2017), editor internasional ArtReview, Oliver Basciano mengatakan Hito Steyerl berpengaruh besar bagi seniman lain.

"Cara dia bekerja bukan hanya mengelola pekerjaan artistik, studionya saja tapi jug menginspirasi banyak seniman muda," katanya.

Dia juga membuat patung-patung berukuran besar, karya seni instalasi, dan video yang merupakan hasil penelitian dalam jumlah yang besar. Tahun ini karyanya muncul dalam pameran seni terbesar sepanjang satu dekade yang bernama Skulptur Projekte Münster yang berlangsung di Buenos Aires, Kopenhagen, Düsseldorf, Gwacheon, Helsinki, New York, São Paulo, Turin dan Wina.

Tahun ini, nama Damien Hirst tidak masuk. Padahal dia merupakan seniman terkaya di dunia, namun kalah berpengaruh ketimbang Yayoi Kusama dan Marina Abramovic.

Di posisi kedua, ada Pierre Huyghe, Donna Haraway, Adam Szymczyk, David Zwirner, Hans Ulrich Obrist, Iwan & Manuela Wirth, Thelma Golden, Bruno Latour, dan Gavin Brown.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed