DetikHot

art

Selama 11 Hari, Jakarta Biennale 2017 Diisi Seni Performans

Minggu, 05 Nov 2017 13:47 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Selama 11 Hari, Jakarta Biennale 2017 Diisi Seni Performans Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Jakarta Biennale tahun ini berbeda dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya. Tak hanya dari segi tema, seniman, kuratorial, namun juga agenda yang diisi selama dua pekan pertama Jakarta Biennale 2017.

"Jakarta Biennale 2017 kami menampilkan 51 seniman Indonesia dan mancanegara tapi juga retrospektif dan seni performans. Ada juga penerbitan buku yang direncanakan akan terbit tiga buku," kata Direktur Artistik Jakarta Biennale, Melati Suryodarmo saat pembukaan pada Sabtu (4/11/2017).

Saat hari pembukaan ada Jason Lim, komunitas Bissu, Abdi Karya, dan Ali Al-Fatlawi & Wathiq Al-Ameri. Pada hari kedua Minggu (5/11), di lokasi kedua Museum Fatahillah Nikhil Chopra yang akan tampil. Di kawasan Kota Tua lainnya yakni Museum Seni Rupa dan Keramik ada Alastair MacLennan.
Selama 11 Hari, Jakarta Biennale 2017 Diisi Seni PerformansFoto: Tia Agnes/detikHOT

Seniman yang berasal dari Belfast, Irlandia Utara itu bakal menampilkan seni performans berjudul 'Ash She He'. Karya performans berdurasi pendek itu menginvestigasi empati yang melampaui konflik identitas. Alastair mengajak publik untuk memasuki suasana kesadaran akan transformasi penderitaan.

Material-material utama yang dipilih, seperti abu, air, batu, ranting pohon, kertas, gelas, ember, diperlakukannya sebagai elemen yang tidak hanya simbolik atau memberi napas puitis, tapi juga mengisyaratkan emosi nuraninya maupun publiknya.

Otty Widasari juga bakal tampil di Gudang Sarinah Ekosistem pukul 18.00-19.00 WIB nanti. Di hari keempat penyelenggaraan, juga ada PM Toh yang akan hadir di GSE Hall B pukul 20.00-21.00 WIB. Selain itu, masih ada Aliansyah Caniago yang dikenal dengan karya tentang persoalan Situ Ciburuy, Bandung.

Di Jakarta Biennale 2017, dia akan menampilkan karya tentang persoalan urban yang terjadi di Ibu Kota. Dia mengamati drama perubahan cepat di sebuah ruang hunian bernama Kampung Akuarium, Kecamatan Penjaringan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Salah satu kawasan pinggiran di Jakarta yang terlanjur tumbuh tak terkendali, padat hunian, rutin didera banjir dan bencana kebakaran.

Selama dua minggu berturut-turut, seniman-seniman performans dari Indonesia dan mancanegara akan mengisi perhelatan dua tahunan Jakarta Biennale. Pada 13-14 November akan terselenggara simposium seni di IFI Jakarta. Seperti apa aksi mereka? Simak jadwal pertunjukannya di situs https://jakartabiennale.net.

Saksikan video Pembukaan Jakarta Biennale 2017 di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nu2)

Photo Gallery
FOKUS BERITA:Jakarta Biennale 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed