Reza Rahadian Ingin Hidupkan Sosok Chairil Anwar yang 'Baru'

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 04 Nov 2017 11:14 WIB
Foto: Palevi/ detikHOT
Jakarta - Aktor Reza Rahadian menjadi sosok penyair Chairil Anwar dalam pertunjukan 'Perempuan Perempuan Chairil'. Sepanjang proses mendalami karakter tersebut, dia ingin menghidupkan Chairil dalam bentuk yang baru.

Hal tersebut diungkapkan pemeran Habibie dalam 'Habibie & Ainun' saat ditemui detikHOT di lokasi latihan belum lama ini. Saat itu, detikHOT menerima undangan dari Titimangsa Foundation untuk melihat proses latihan dari pertunjukan yang bakal pentas seminggu lagi.

"Transisi dari satu bentuk ke bentuk baru, itu adalah hal yang seru. Oh Chairil seperti apa yah kira-kira, tidak ada rekam visual maupun interview akan seperti apa sosok Chairil," tutur Reza di Teater Jakarta, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM).
Reza Rahadian Ingin Hidupkan Sosok Chairil Anwar yang 'Baru'Foto: Rengga Sancaya

Lantaran tak ada data yang valid maupun dokumentasi pasti, Reza pun melakukan interpretasi. Lewat arahan sutradara Agus Noor, keduanya banyak berbincang bagaimana sosok Chairil Anwar yang sebenarnya.

"Saya tugasnya merancang lagi bentuk baru Chairil. Itulah tugas saya untuk men-develop karakter itu. Dan itu saya rasa tugas utama seorang aktor, menghidupkan karakter," tutur Reza.

'Perempuan Perempuan Chairil' dipentaskan pada 11-12 November 2017 di Teater Jakarta, kompleks TIM, Jakarta Pusat.

Saksikan video 20detik tentang arti dunia seni peran bagi Reza Rahadian di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(tia/nu2)