DetikHot

art

Pameran Tunggal Nasjah Djamin Digelar di Jakarta

Rabu, 25 Okt 2017 14:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Tunggal Nasjah Djamin Digelar di Jakarta Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Nasjah Djamin dikenal sebagai sastrawan Indonesia modern sekaligus seorang pelukis. Wafat pada 1997 silam di Yogyakarta, kini Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran tunggal sekaligus peluncuran buku di Jakarta.

Lewat pameran seni rupa dan sastra serta peluncuran buku berjudul 'Retrospeksi Nasjah Djamin', lukisan-lukisan Nasjah Djamin dipamerkan. Dikuratori oleh Suwarno Wisetrotomo, lukisan tersebut berasal dari koleksi pribadi keluarga.

"Secara sederhana lukisan-lukisan Nasjah dapat dikelompokkan dalam dua tema utama," ujar Suwarno dalam keterangan yang diterima detikHOT, Rabu (25/10/2017).

Tema pertama yakni potret. Nasjah Djamin kerap menggambar potret dari sahabat maupun orang-orang terdekatnya. Kedua, tema panorama yang dilukiskannya dengan berbagai wujud.

Ada lanskap pantai lepas, hamparan padang pasir serta perbukitan, bentangan sawah, dan gunung-gunung. "Nasjah juga mengubah lanskap dengan paduan realitas dan imajinasi. Terutaa kehidupan para perempuan kelangan bawah atau pekerja kasar," lanjut Suwarno.

"Gejala visual semacam itulah yang saya maksud sebagai 'resapan jiwa' Nasjah terhadap panorama. Karena lebih dari sekadar 'pemandangan alam' yang indah permai, tetapi lukisan Nasjah merupakan 'pemandangan manusia' khususnya 'pemandangan ketangguhan para perempuan'," ungkap Suwarno.

Pameran tunggal Nasjah Djamin sudah dibuka semalam dan bakal berlangsung sampai 3 November mendatang di Gedung B, Galeri Nasional Indonesia.
(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed