Tari Topeng dari Cirebon hingga Dayak Hadir di Galeri Indonesia Kaya

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 24 Okt 2017 11:15 WIB
Tari Topeng dari Cirebon hingga Dayak Hadir di Galeri Indonesia Kaya Foto: Galeri Indonesia Kaya
Jakarta - Bulan ini usia Galeri Indonesia Kaya (GIK) memasuki tahun yang keempat. Setiap akhir pekan, beragam pertunjukan digelar untuk memeriahkan. Salah satunya adalah Bengkel Tari Ayubulan bersama Pusbitari, Exotica Borneo dan Daya Presta.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan lewat pertunjukan tari 'Di Balik Topeng', pihaknya menampilkan jenis tari topeng dari berbagai daerah.

"Dari Betawi, Kalimantan, Jawa Barat dan Bali. Semoga pertunjukan ini dapat menjadi sarana bagi para penikmat seni untuk lebih mengetahui sejarah di balik topeng nusantara yang menjadi salah satu warisan budaya khas Indonesia," ujar Renitasari Adrian dalam keterangan pers yang diterima.



Tari topeng merupakan tarian yang menggunakan topeng dan digunakan sebagai penutup wajah. Topeng sendiri memiliki kaitan erat dengan roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa.

Tari Topeng dari Cirebon hingga Dayak Hadir di Galeri Indonesia KayaTari Topeng dari Cirebon hingga Dayak Hadir di Galeri Indonesia Kaya Foto: Galeri Indonesia Kaya


Dimulai dengan penampilan Ayubulan yang membawakan tarian Topeng Pengawit Tapel dari Bali. Kemudian, sanggar tari Daya Presta dengan Tarian Topeng Kedok Ekspresi khas Betawi, sanggar tari Pusbitari dengan Tarian Topeng Kelana Kasmaran dari Cirebon, Jawa Barat, sanggar tari Exotica Borneo yang menarikan Tarian Topeng Hudoq khas Dayak dan Bengkel Tari Ayubulan yang membawakan Tari Topeng dari Bali berjudul Topeng Telek Jauk.

"Meskipun tarian ini telah dikenal, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan berbagai jenis Topeng di Nusantara dan asal muasal serta perkembangannya," pungkasnya.

(tia/tia)