DetikHot

art

Sebelum Pulau Bangka, Teguh Ostenrik Juga Tenggelamkan Karya di Pulau Sepa

Rabu, 18 Okt 2017 12:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sebelum Pulau Bangka, Teguh Ostenrik Juga Tenggelamkan Karya di Pulau Sepa Sebelum Pulau Bangka, Teguh Ostenrik Juga Tenggelamkan Karya di Pulau Sepa Foto: Teguh Ostenrik/ Pribadi
Jakarta - Sebelum menenggelamkan karya seni instalasi di bawah laut Pulau Bangka pada 20 Oktober, perupa Teguh Ostenrik sudah melakukan kegiatan serupa awal bulan ini. Karya bernama Domus Arcae Similis itu ditenggelamkan di Pulau Sepa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada 5 Oktober lalu.

Permasalahan area pesisir dan aneka ragam hayati bawah laut di kawasan Kepulauan Seribu pun mengalami kondisi kritis. Di Kepuluan Seribu, ada tiga struktur ARTificial Reef yang digarap oleh Yayasan Terumbu Rupa.

"Yang pertama adalah struktur yang diberi nama Domus Musculi, yang berarti Rumah Kerang. Replica kerang dipilih sebagai pengingat bahwa Teluk Jakarta pernah terkenal sebagai penghasil kerang hijau sebelum kini tercemar berat," ujar Teguh Ostenrik kepada detikHOT.



Kedua adalah Doomus Piramidis Antennarius dan ketiga Domus Piramidis Selaroides mengambil bentuk ikan kodok dan ikan selar. Karya di Pulau Sepa tersebut diciptakan Teguh Ostenrik berbentuk seperti rumah bahtera.

Sebelum Pulau Bangka, Teguh Ostenrik Juga Tenggelamkan Karya di Pulau SepaSebelum Pulau Bangka, Teguh Ostenrik Juga Tenggelamkan Karya di Pulau Sepa Foto: Teguh Ostenrik/ Pribadi


"Selain sebagai media pertumbuhan terumbu karang tersebut di atas, kehadiran Domus Arcae Similis diharapkan dapat semakin meningkatkan potensi wisata dari Kepulauan Seribu," tambah Teguh.

Karya seni instalasi yang bekerja sama dengan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI tersebut berukuran 12 x 6 x 5 meter. Koral-koral diikatkan pada struktur yang akan dialiri listrik tegangan rendah. Kemudian, dengan teknologi mineral akreasi, struktur instalasi tersebut akan dilapisi CaCO3 sebagai media koral bertumbuh.




(tia/tia)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed