DetikHot

art

Perkenalkan, Ini Seniman yang Melukis Barack dan Michelle Obama

Senin, 16 Okt 2017 13:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Perkenalkan, Ini Seniman yang Melukis Barack dan Michelle Obama Perkenalkan, Ini Seniman yang Melukis Barack dan Michelle Obama Foto: Getty Images
Jakarta - The Smithsonian's National Portrait Gallery segera melengkapi koleksi dengan potret resmi dari mantan Presiden Barack dan Michelle Obama. Seniman muda Kehinde Wiley dan Amy Sherald pun ditugaskan untuk melukis tokoh penting tersebut.

Keduanya dikenal sebagai seniman yang kerap menampilkan unsur mitos sekaligus humor dalam lukisan potretnya. Kehinde Wiley yang berusia 40 tahun dan tinggal di New York juga terkenal karena subyek pria kontemporer dengan gaya Old Masters.

Dalam sebuah wawancara, dilansir dari HuffPost, Senin (18/10), Wiley mengakui subyek yang dilukisnya kebanyakan adalah orang-orang berkulit hitam dan berwarna.

[Gambas:Instagram]



"Sungguh ini adalah penyelidikan tentang bagaimana kita melihat orang-orang dan bagaimana persepsi mereka dari waktu ke waktu. Ada disonansi antara di dalam dan di luar," katanya lagi.

Sedangkan Amy Sherald yang berusia 44 tahun dan tinggal di Baltimore ini kerap melukis subyek kulit hitam yang berada di antara kenyataan dan fiksi. Dia menggambarkan karyanya sebagai 'dongeng'.

Misalnya saja seorang perempuan muda memakai baju penuh motif bunga sambil menyeruput teh. Serta pria muda dengan kemeja button-up yang memegang balon.

[Gambas:Instagram]



Sherald diketahui melukis subyeknya dengan abu arang. Warnanya dibuat dari kombinasi warna hitam dan kuning Napoli, mengantar karakternya ke alam sejarah imajinasi tak terbatas," ungkapnya lagi.

Di koleksi terbaru The Smithsonian's National Portrait Gallery nantinya, lukisan Barack dan Michelle Onama akan dipamerkan tahun depan.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed