DetikHot

art

Napak Tilas Jejak Chairil Anwar

Sabtu, 07 Okt 2017 14:59 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Napak Tilas Jejak Chairil Anwar Foto: Latihan teater 'Perempuan Perempuan Chairil' (Agnes/detikHOT)
Jakarta - Jelang pementasan teater 'Perempuan Perempuan Chairil' pada 11 dan 12 November di Teater Jakarta, Titimangsa Foundation menyelenggarakan napak tilas perjalanan sang pujangga Angkatan '45 tersebut. Beberapa spot yang biasa menjadi tempat hang-out Chairil Anwar semasa hidup itu berlangsung pada Sabtu (7/10/2017).

Tur jalan kaki dimulai dari RSCM yang merupakan lokasi meninggalnya Chairil, lalu ke Bioskop Metropole tempat Chairil biasa menonton bioskop, Stasiun Cikini sebagai salah satu lokasi yang menginspirasi sajak-sajaknya, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM). Tur berakhir di makam Chairil yang terletak di TPU Karet.



Usai tur jalan kaki bersama puluhan peserta lainnya, produser pertunjukan 'Perempuan Perempuan Chairil' Happy Salma bersama penulis naskah Hasan Aspahani menggelar sesi diskusi. Ngobrol-ngobrol bersama keduanya berlangsung hampir satu jam lamanya.

Happy Salma mengatakan acara kegiatan ini ingin mengapresiasi karya-karya Chairil.

"Kami mendatangi lokasi yang biasa didatangi Chairil dan yang menginspirasinya. Seperti yang tadi di depan Universitas Bung Karno (UBK) sajaknya Chairil ternyata memicu sebuah lukisan dibuat. Di Stasiun Cikini juga menginspirasi beberapa sajak Chairil," kata Happy Salma di kompleks TIM, Jakarta Pusat.



"Dengan napak tilas ini tentunya kami ingin mengenang Chairil Anwar dan tunggu saja adaptasinya November nanti," katanya lagi.

Penulis naskah Hasan Aspahani yang turut hadir dalam diskusi mengungkapkan tak menyangka buku yang ditulisnya diadaptasi ke dalam bentuk teater.

"Ini keterlibatan pertama saya di teater dan ajakan Agus Noor serta Happy Salma saya sambut dengan bahagia. Akhirnya kami membaca ulang buku ini dan menulis naskah bersama Ahda Imran," tutur Hasan.

Setelah mengobrol bersama, tadinya ingin menggelar pementasan monolog.

"Tapi cerita bergulir jadi pertunjukan besar seperti ini," ungkap Hasan.

Pementasan 'Perempuan Perempuan Chairil' mengangkat cerita empat perempuan dalam hidup Chairil Anwar yang menginspirasinya berkarya. Disutradarai Agus Noor, pertunjukan diperankan oleh Reza Rahadian (Chairil Anwar), Marsha Timothy (Ida), Chelsea Islan (Sri Ajati), Tara Basro (Mirat), dan Sita Nursanti (Hapsah).
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed