detikHot

art

Sejarah Tentang Anugerah Nobel Sastra

Jumat, 06 Okt 2017 15:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Sejarah Tentang Anugerah Nobel Sastra Foto: Reuters Sejarah Tentang Anugerah Nobel Sastra Foto: Reuters
Jakarta - Dinamit atau nitrogliserin padat menjadi salah satu penemuan terbesar dari sejarah bangsa. Gara-gara dinamit dan 300 penemuan lainnya, Alfred Nobel dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia serta meninggalkan warisan yang besar bagi publik.

Lewat surat wasiat pada 27 November 1895, Alfred Nobel menulis surat wasiat yang mengejutkan. Isinya begini:

94 persen kekayaan Nobel akan disimpan dalam bentuk deposit dan saham, lalu bunga/keuntungan per tahun dari simpanan Nobel harus diberikan untuk membiayai penyelenggaraan sebuah acara "anugerah" di mana orang-orang yang telah memberikan manfaat besar kepada umat manusia akan mendapatkan penghargaan dan uang.

Orang-orang yang mendapatkan hadiah itu adalah orang yang telah berjasa di 5 bidang, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran, dan Perdamaian.

Sejarah Tentang Anugerah Nobel SastraSejarah Tentang Anugerah Nobel Sastra Foto: Reuters


Dari lima kategori, di tahun 1901 penghargaan Hadiah Nobel bidang kesusastraan diberikan kepada Sully Prudhomme asal Perancis. Usai pemenang pertama, setiap tahunnya Akademi Swedia memberikan penghargaan kepada sosok sastrawan atau penulis dunia yang konsisten berkarya.

Sampai sejauh ini Akademi Swedia juga tidak pernah memberitahu kategori atau persyaratan pemenang Nobel Sastra. "Para penulis yang menerima Hadiah Nobel konsisten berkarya dan menuju ke arah yang ideal," tutur sekretaris Akademi Swedia Sara Danius.

Pekan ini pun menjadi momen bersejarah bagi Hadiah Nobel. Setelah kategori kimia, fisika, biologi, tibalah terhadap Nobel Sastra yang diumumkan Kamis (5/10) lalu. Nama penulis Inggris Kazuo Ishiguro keluar sebagai pemenangnya.

Kali ini detikHOT akan membahas mengenai sejarah Nobel Sastra!



(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com