DetikHot

art

33 Lukisan Yos Suprapto Dipamerkan di Jakarta

Kamis, 14 Sep 2017 17:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
33 Lukisan Yos Suprapto Dipamerkan di Jakarta 33 Lukisan Yos Suprapto Dipamerkan di Jakarta Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Pelukis Yos Suprapto menggelar pameran tunggal di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Kali ini, sebanyak 33 lukisan karya Yos Suprapto yang mengusung tema 'budaya maritim' dipamerkan.

Yos Suprapto kerap menampilkan masalah sosial, lingkungan, serta perkembangan baru situasi politik Indonesia. Di pameran bertajuk 'Arus Balik Cakrawala 2017', Yos Suprapto menampilkan kebolehannya mengolah figur-figur realis yang berasal dari tradisi realisme sosial ala Diego Rivera.

Dalam keterangan yang diterima detikHOT, Kamis (14/9/2017), permainan garis dan warna menjadi ciri khas provokatif dari lukisannya. Ada warna hitam, merah, nuansa biru, aneka hijau, coklat, kuning, ungu, jingga, dan putih.



"Ekspresi pada karya Yos memiliki keberbagaian kesan dan pesan, yang langsung dan lantang tapi juga terdapat yang lembut dan simbolik. Ringkas cerita, koleksi karya Yos Suprapto mengandung kegalauan seluruh dimensi berkehidupan di Indonesia," ujar Guru Besar Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Setiawan Sabana.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menggambarkan lukisan-lukisan Yos menyiratkan keprihatinan kondisi sosial.

"Inilah yang tergambar dalam seri lukisan berjudul "Arus Balik" yang sekaligus juga menjadi tajuk pamerannya". Yos seperti mau menunjukkan kekuatan budaya maritim bangsa kita sebagai harapan masa depan. Pandangan ini bisa dibenarkan lewat sejarah," ujar Hilmar Farid.

Pameran tunggal Yos Suprapto 'Arus Balik Cakrawala' dibuka pada 14 September-3 Oktober 2017 di Gedung D Galeri Nasional Indonesia.




(tia/dar)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed