DetikHot

art

Lukisan Terakhir I Nyoman Gunarsa Sebelum Meninggal Dunia

Senin, 11 Sep 2017 07:35 WIB  ·   Prins David Saut - detikHOT
Lukisan Terakhir I Nyoman Gunarsa Sebelum Meninggal Dunia Foto: Lukisan Terakhir I Nyoman Gunarsa (David/detikHOT)
Bali - I Nyoman Gunarsa meninggal dunia Minggu (10/9/2017). Maestro pelukis asal Klungkung itu, meninggalkan sebuah karya terakhir, bergambar Joko Widodo (Jokowi) menjadi dalang wayang ditemani para Presiden RI sebelumnya.

"Lukisan itu dibuat Bapak (Gunarsa) 1,5 jam berhenti, makan istirahat, lanjut 1,5 jam lagi, empat kali begitu selama dua hari, jadi 12 jam," kata istri Gunarsa, Indrawati Gunarsa pada detikHOT di rumah duka, Jl Raya Banda, Banjarengkan, Klungkung, Bali, Minggu (10/9/2017) malam.



Tampak dari lukisan tersebut Jokowi memegang dua wayang dan mengenakan blangkon hijau-cokelat lengkap dengan keris di belakangnya. Lalu ada Soekarno yang memainkan gendang, Soeharto yang memainkan peking atau gamelan, serta BJ Habibie memainkan gendang.




Lalu ada sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memainkan seruling, Megawati Soekarnoputri memainkan peking dan Susilo Bambang Yudhoyono memainkan gong. Kemudian terdapat sosok delapan wanita mengeliling Jokowi dan dua pria, yang tak diketahui siapa pemilik sosok tersebut.

"Namun belum sempat selesai, Bapak (Gunarsa) belum puas dan masih ada yang kurang katanya. Tapi Bapak senang sekali melukis itu," ujar Indrawati.


(vid/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed