DetikHot

art

Instagramble Banget! Cermin Polkadot Yayoi Kusama Digemari di Museum MACAN

Minggu, 10 Sep 2017 12:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Instagramble Banget! Cermin Polkadot Yayoi Kusama Digemari di Museum MACAN Foto: Museum MACAN (Agnes/detikHOT)
Jakarta -

Sebelum dibuka pada 4 November, museum yang mengkhususkan pada seni modern dan kontemporer serta terbesar di Asia Tenggara itu membuka first sight atau pandangan pertama bagi publik pada Sabtu (9/9). Salah satu karya yang dipajang adalah koleksi Yayoi Kusama.

Seniman Jepang yang dikenal nyentrik dengan ciri khas polkadot itu berada di dalam satu ruangan kecil. Sejak first sight ke-2 dibuka pukul 09.00 WIB, karya berjudul 'Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls (2014)' dipadati pengunjung. Antrean pun nampak mengular.

Padahal di dalam ruangan tersebut, hanya dipersilakan selama 20 detik untuk jepret-jepret. Ruangan tanpa pencahayaan itu memuat ilusi bola-bola warna warni yang setiap beberapa menit sekali akan berganti warna.



Karya Yayoi Kusama berada di sisi depan sebelum seni performans dipentaskan. Seni instalasi tersebut merupakan bagian dari seri 'Infinity Mirrored Room' yang dibuat pertama kali pada 1965 silam.

Dia pindah dari Tokyo ke New York di tahun 1967, tempat karya-karyanya yang provokatif, eksperimental menentang masyarakat yang konservatif. Sejak kecil pula, Yayoi Kusama menderita 'rijinsho', gangguan mental yang membuat penglihatan dipenuhi halusinasi titik-titik.

Usai first sight kedua, Museum MACAN akan menyiapkan pembukaan akbar pada 4 November mendatang. Museum MACAN sendiri berada di Wisma AKR, Jalan Panjang Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


(tia/doc)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed