DetikHot

art

Eko Nugroho Bikin Karya Respons dari Kota yang Ditinggalkan di Jepang

Rabu, 09 Ags 2017 19:24 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Eko Nugroho Bikin Karya Respons dari Kota yang Ditinggalkan di Jepang Eko Nugroho Bikin Karya dari Kota yang Ditinggalkan di Oku-Noto Triennale 2017 Foto: Tia Agnes
Jakarta - Sukses dengan karya kolaborasi bersama AQUA Reflection di Art Jakarta 2017, Eko Nugroho akan menyambangi Jepang pada September mendatang. Dia menciptakan karya yang terinspirasi dari kota yang ditinggalkan di kawasan Ishikawa, Jepang.

Eko Nugroho akan merespons yang terjadi di kota tersebut. Ditemui detikHOT belum lama ini, pelukis yang berdomisili di Yogyakarta itu menceritakan mengenai ide pembuatan karya tersebut.

"Saya akan merespons kota itu. Ada stasiun kota yang sudah tidak dipakai. Kotanya ditinggalkan penduduknya, hanya orangtua yang tinggal," kata Eko.



Karya yang akan dipamerkannya berkonsep video art. Nantinya Eko akan meghubungkan yang terjadi di kota tersebut dengan jalur kereta api yang ada di Banten, Jawa Barat.

"Videonya akan memutar track yang sudah mati. Dan video art-nya akan ada wawancara tentang orang-orang yang mulai meninggalkan atau yang pernah menggunakan rel," lanjut Eko.

Selain video art, Eko akan melakukan mural on site. Karya seni urban yang diciptakannya akan merespons kondisi kota tersebut.

Pameran kolektif di ajang Oku-Noto Triennale dibuka pada 3 September dan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.




(tia/dar)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed