detikHot

art

Komik Kolaborasi Indonesia-Jepang Rilis di Popcon Asia 2017

Minggu, 06 Agu 2017 11:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Popcon Asia 2017
Jakarta -

Popcon Asia menghadirkan berbagai konten kreatif budaya populer selama akhir pekan ini. Salah satunya adalah komik kolaborasi antara Indonesia dan Jepang yang rilis perdana di ajang Popcon Asia 2017 di Jakarta Convention Center pada 5-6 Agustus.

Komik berjudul 'Nusa V' atau dibaca 'Nusa Five' menceritakan tentang lima orang pemuda yang berasal dari lima pulau besar di Indonesia. Ada Rangga (Jawa), Naya (Sumatera), Rimba (Kalimantan), Rena (Sulawesi), George (Papua) yang akan menghadapi kelompok Sandekala yang tunduk pada entitas jahat bernama Kelana.

Komik 'Nusa V' dikerjakan oleh Sweta Kartika yang dikenal dengan komik 'Grey Jingga' dan 'Wanara'. Nama sudah Sweta Kartika dikenal di berbagai negara khususnya Jepang dan Korea Selatan.

Dengan bimbingan dari Yasuyuki Sagami, editor senior dari Shogakukan pusat di Jepang, dia menggarap komik 'Nusa V'.



"Jajaran budaya nusantara yang menjadi penopang konsep utama cerita ini saya gali bersama teman-teman dalam tim. Pada tahap inilah saya makin memahami betapa luas dan kayanya Indonesia," cerita Sweta Kartika.

Komik ini berhasil tercipta berkat kerjasama dengan Padma Pusaka Nusantara (Jakarta) dan Shogakukan Asia Pte Ltd, anak perusahaan dari penerbit besar asal Jepang yaitu Shogakukan yang telah menerbitkan berbagai komik legendaris seperti 'Doraemon', 'Detektif Conan' dan 'Yokai Watch'.

'Nusa V' terbit pertama kalinya dalam majalah komik re:ON edisi 28 dan akan rutin terbit di edisi-edisi berikutnya. Setelah peluncuran di Indonesia, 'Nusa V' akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris serta dipamerkan di Frankurt Book Fair (FBF) 2017 di booth Shogakukan Asia.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com