DetikHot

art

Menjelajahi Ribuan Karya di Art Jakarta 2017

Sabtu, 29 Jul 2017 12:59 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Menjelajahi Ribuan Karya di Art Jakarta 2017 Foto: Menjelajahi Ribuan Karya di Art Jakarta 2017 (Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Lukisan 'Seke - Ciwaruga' karya Zico Albaiquni menyapa tamu undangan yang hadir saat malam pembukaan Art Jakarta 2017 di Ballroom The Ritz-Carlton, Pacific Place Jakarta. Posisi yang pas berada di dekat panggung menjadi highlight tersendiri bagi pecinta seni.

Memasuki pintu masuk di urutan galeri bagian A, pengunjung akan mendapati galeri milik Vivi Yip dengan karya kontemporernya. Sederetannya masih ada ISA Art Advisory, dan Langit Art Space. Jalanlah sesuai dengan lorong yang ada di dalam ballroom.

Pilihlah belokan yang diinginkan, setiap ruangan memiliki keunikan tersendiri bagi pecinta seni. Di UOB Art Space ada yang menampilkan lukisan pemenang UOB Painting of the Year.

Di galeri RUCI Art Space yang tengah hipster di kawasan Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, ada Abenk Alter, Glenda Sutardy, dan Radhinal Indra. Di Indo Seni Gallery satu-satunya menampilkan lukisan-lukisan naif dari Erica Hesto Wahyuni asal Yogyakarta.

Art Jakarta 2017Art Jakarta 2017 Foto: Tia Agnes Astuti/detikHOT

Lawangwangi Creative Space (Bandung) memajang karya dari Eddy Susanto, Patriot Mukmin, Mujahidin Nurrahman, Erwin Windu Pranata, dan Maria Indriasari. Patriot Mukmin khusus menampilkan lukisan dari tiga sisi.

Tak hanya 20 galeri seni lokal, ada 33 galeri kelas dunia yang turut berpameran. Pearl Lam Galleries (Singapura) terdapat karya seni 3Dimensi milik Gatot Pujiarto. Seniman asal kota Malang itu menampilkan kain menjuntai yang dibentuk seperti karpet berwarna putih tulang. Di galeri yang sama, ada Zhu Jhinsi yang terkenal dengan cat setebal 10 meter yang terdapat di atas permukaan kanvas.

Art Jakarta 2017Art Jakarta 2017 Foto: Tia Agnes Astuti/detikHOT

Galeri ARTIST+RUN asal Thailand menampilkan karya-karya pop art yang unik. Salah satunya adalah lukisan di atas kayu 'Untitled' karya Udom Taepanich. Art XChange Gallery (Singapura) menampilkan lukisan hiperrialisme dari Antoe Budiono, dan belasan seniman lainnya.

Karya mengagumkan lainnya datang dari Jean-Francois Rauzier dari Villa del Arte Galleries (Barcelona-Amsterdam). Karya bak fotografi dirinya memukau pengunjung yang mampir ke galerinya.

Art Jakarta 2017Art Jakarta 2017 Foto: Tia Agnes Astuti/detikHOT
Tak hanya lukisan, seni patung, maupun instalasi saja yang dipamerkan di ajang tahunan Art Jakarta 2017. Ada area khusus 45 seniman muda yang telah diseleksi oleh tim Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ada juga sembilan karya seni khusus yang letaknya tersebar di area depan ballroom. Antara lain 100 buah karya Antonio Sinaga yan berjudul 'Pandemonium Paradise'. Hasil penjualan karya ini akan disumbangkan ke Yayasan Kanker Payudara Indonesia dan karya berjudul 'Immortelle Field' oleh Patricia Untario yang dipamerkan dalam sebuah ruang kaca.

Selain itu masih ada 33 orang seniman yang merespons tiga Samsung Galaxy Tab S3, tiga kulkas Modena, sepuluh sneakers, sepuluh set piring keramik, dan tujuh skateboard. Deretan seniman tersebut di antaranya Emte, Restu Ratnaningtyas, Kemal Ezedine, Hendra Hehe Harsono, Radi Arwinda, Aditya Novali, dan Naufal Abshar.

Usai menjelajahi ribuan karya seni di Art Jakarta 2017, mampirlah ke pop up resto Taste yang ada di dekat pintu keluar. Selamat merayakan pesta seni rupa terbesar di Indonesia!


(tia/dal)

Photo Gallery
FOKUS BERITA:Art Jakarta 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed