DetikHot

art

Lukisan Djokopekik Diunggulkan Jadi Lukisan Termahal di Indonesia

Jumat, 14 Jul 2017 19:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Djokopekik Diunggulkan Jadi Lukisan Termahal di Indonesia Foto: Istimewa
Jakarta - Tak hanya empat maestro Tanah Air yang namanya keluar-masuk dalam bursa seni mancanegara. Karya pelukis Djokopekik pun diunggulkan sebagai lukisan termahal di Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan oleh kurator Mikke Susanto.

"Nama Djokopekik adalah calon yang digadang-gadang di pasar. Djokopekik juga Brutus, sangat penting untuk mengikuti karya mereka," tutur Mikke Susanto saat dihubungi detikHOT, Jumat (14/7/2017).

Nama Djokopekik dketahui punya modal serta peluang yang besar sesuai sembilan faktor. Di antaranya adalah riwayat seniman, tema dan ide, ukuran karya, medium bahan, teknik, serta riwayat akuisisi lukisan.

"Indikator seperti yang seharusnya ada dalam setiap seniman. Seniman ada banyak tapi nggak banyak yang masuk ke balai lelang. Apalagi sekarang banyak seniman muda yang muncul," lanjut Mikke.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu kolektor seni asal Singapura Koh Seow Chuan telah mengumpulkan karya seni Asia Tenggara hampir 50 tahun lamanya.

"Karya seni Asia Tenggara mencermikan konvergensi budaya besar dunia selama 200 tahun belakangan ini dan saya suka mengoleksinya," kata Koh Seow Chuan.


(tia/mah)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed