DetikHot

art

Selain Patung Ikan Pangandaran, Ini Dua Patung Nyoman Nuarta yang Dibongkar

Jumat, 07 Jul 2017 20:01 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Selain Patung Ikan Pangandaran, Ini Dua Patung Nyoman Nuarta yang Dibongkar Selain Patung Ikan Pangandaran, Ini Dua Patung Nyoman Nuarta yang Dibongkar Foto: Istimewa
Jakarta - Monumen Patung Ikan karya Nyoman Nuarta di kawasan Pangandaran, Jawa Barat, baru saja dirobohkan. Patung yang dibangun di era 1970-an dan karya klasik dari pematung asal Bali dibongkar tanpa tahu sebabnya.

Selain Monumen Patung Ikan di Pangandaran, ternyata ada beberapa patung Nyoman Nuarta lainnya yang dirobohkan maupun menuai kontroversi. Ini patung-patung Nyoman Nuarta yang pernah dirobohkan dan dibongkar:



Patung Borobudur di Kota Legenda, Bekasi

Nyoman Nuarta mengatakan pembongkaran patung pertamanya terjadi terhadap patung Borobudur di perumahan Kota Legenda, Bekasi. Tanpa pemberitahuan apapun, patung setinggi 15 meter itu dirobohkan.

"Patung di Kota Legenda dijarah, saya ingat itu sepetinya tahun 1987. Itu pertama kalinya padahal patung kesayangan saya dan yang indah. Eh, malah tinggal stupanya saja," kata Nyoman Nuarta.

Patung Tiga Mojang di Bekasi

Sebelum Monumen Patung Ikan di Pangandaran, ada patung Tiga Mojang seharga Rp 2,5 miliar yang menjadi ikon perumahan elite di Medan Satria kota Bekasi, Jawa Barat.

Saksikan video 20detik tentang Patung Ikan Pangandaran di sini:



Patung kontroversial setinggi 19 meter berbentuk tiga perempuan berpakaian seksi dirobohkan pada 19 Juni 2010 lalu. Karya seni yang terbuat dari perunggu itu dirobohkan setelah diprotes keras oleh kalangan ulama dan masyarakat setempat dan pendiriannya juga dituding tidak berizin.

Tak hanya dua patung saja yang dibongkar, ratusan karya seni yang pernah diciptakan Nyoman Nuarta diakuinya kerap menuai kontroversi.

"Pas dilihat-lihat, saya sudah bikin ratusan karya. Kembali lagi, kalau orang nggak suka mau dihancurkan ya mau apa. Saya belajar menerima," pungkas Nyoman Nuarta.



(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed