Peraih Nobel Sastra Bob Dylan Ternyata Pernah Plagiat Karya

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 15 Jun 2017 13:40 WIB
Peraih Nobel Sastra Bob Dylan Ternyata Pernah Plagiat Karya Foto: New York Times
Jakarta - Kabar mengenai Bob Dylan melakukan plagiat menyeruak. Pelantun 'Blowin' in the Wind' itu dikabarkan menjiplak beberapa bagian pidato saat ceramah di hadapan publik awal bulan ini.

Dikutip dari berbagai sumber, di bulan Juni 2009 silam, Balai Lelang Christie New York melelang salah satu puisi tulisan tangan Bob Dylan. Tulisan yang berjudul 'Little Buddy' itu dikirim ke surat kabar kamp musim panas di tahun 1957.

Namun, salah seorang sejarawan mengatakan puisi itu adalah gulungan tersembunyi dari lagu Hank SNow yang juga disebut dengan 'Little Buddy'. Awal tahun ini, seorang fotografer Inggris melihat kesamaan yang luar biasa antara salah satu lukisan Bob Dylan dengan karya lainnya.



Dalam sebuah wawancara Bob Dylan pernah mengatakan bahwa interpolasi terhadap karya orang lain merupakan bagian dari tradisi rakyat. Serta apresiasi penghormatan kepada para seniman sebelumnya, dan mengkontekstualisasikan kembali karya mereka untuk khalayak modern.

"Jika saya adalah pencuri master, mungkin saya akan merampoknya," ujar Bob Dylan.

Di tahun 2012, dia juga pernah dituduh melakukan penjiplakan tentang lagu 'Love and Theft'.

"Saya bekerja dalam bentuk pekerjaan seni saya. Sederhananya, saya bekerja sesuai peraturan dan keterbatasan. Ada tokoh otoriter yang bisa menjelaskan bentuk seni semacam itu lebih baik dari yang saya bisa. Ini disebut penulisan lagu, ada hubungannya dengan melodi dan ritme. Anda semua melakukannya, kita semua melakukannya," pungkas Bob Dylan.



(tia/dar)