DetikHot

art

Art Jog 10 Gelar Tur Sejarah ASRI

Selasa, 06 Jun 2017 09:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Art Jog 10 Gelar Tur Sejarah ASRI Foto: Art Jog 10
Jakarta - Gelaran Art Jog 10 sudah dibuka untuk umum sejak 19 Mei lalu. Penyelenggara Art Jog akan menyelenggarakan tur sejarah ASRI hari ini di kawasan Jogja National Museum.

Jogja National Museum (JNM) merupakan museum sekaligus galeri seni kontemporer yang berada di bawah naungan Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara (YSSN). Dahulunya kawasan seluas 1,4 hektar ini adalah bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (sekarang Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Selain itu, sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa RJ Katamsi di bidang seni dan pendidikan, Art Jog bekerja sama dengan pematung Wahyu Santoso membuat patung RJ Katamsi dan dipasang kembali di halaman depan Jogja National Museum.

Baca Juga: Patung Perunggu I Nyoman Masriadi di Art Jog 10 Dilirik Kolektor

"Patung RJ Katamsi sudah pernah dibuat pada tahun 1970 dalam rangka peringatan Dies Natalis STSRI "ASRI" dengan bahan semen cor oleh Bapak Sarpomo dan tim atas supervisi dari dosen-dosen STSRI "ASRI" pada saat itu," tulis pernyataan yang diterima, Selasa (6/6/2017).

Kini, patung RJ Katamsi dibuat dari material perunggu dengan tinggi 2,5 meter atau 1,5 kali ukuran patung sebelumnya. Tur sejarah ASRI-Spesial RJ Katamsi digelar pada Selasa (6/6) pukul 15.00. Nantinya, tur akan dipandu oleh Drs.Wardoyo Sugianto (lulusan ASRI serta pensiunan Dosen Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta).

Baca Juga: Melihat Film 'The Seen and Unseen' di Art Jog 10


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
FOKUS BERITA:Art Jog 10
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed