DetikHot

art

24 Perupa Diundang Pameran 20 Tahun Museum OHD

Rabu, 17 Mei 2017 14:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
24 Perupa Diundang Pameran 20 Tahun Museum OHD Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Merayakan 20 tahun Museum Oei Hong Djien (OHD) di Magelang, Jawa Tengah, sebanyak 24 perupa diundang untuk berpameran. Mereka membuat karya baru yang nantinya eksibisi berjudul 'Mata Rantai: 20 Tahun Museum OHD dibuka pada Sabtu (20/5) mendatang.

Kurator pameran Suwarno Wisetrotomo mengatakan karya perupa yang diundang nantinya membuat karya baru. "Pameran nanti, dua karya dari seniman yang sama akan dipajang berdampingan," tutur Suwarno Wisetrotomo dalam keterangan yang diterima, Rabu (17/5/2017).

Dua karya tersebut, lanjut Suwarno, satu karya berusia 20 tahun dan satu lagi adalah karya 20 tahun kemudian. Menurut Suwarno Wisetrotomo, ada empat hal konsep dari pameran tersebut.

Baca Juga: 130 Lukisan Widayat Dipamerkan di OHD Museum Hingga Agustus

"Pertama, dapat digunakan untuk melihat perkembangan selera artistik dan estetik OHD sebagai pemilik museum, melihat 'ketajaman' matanya, dan perkembangan relasi yang dibangun," kata Suwarno lagi.

Yang kedua, untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan OHD Museum di tengah kultur museum. Ketiga, untuk melihat perkembangan perupa yang bersangkutan. Terakhir, melalui koleksi yang dipamerkan dapat dijadikan titik pijak untuk mendiskusikan peran kolektor.

Sepanjang 20 tahun perjalanan OHD Museum ditandai dengan pameran seni rupa karya-karya para perupa yang dikoleksi hampir 20 tahun lamanya. Sebagian besar karya koleksi belum pernah dipamerkan.

"Kali ini karya-karya itu yang sengaja dihadirkan untuk khalayak luas dengan argumentasi, bahwa karya-karya tersebut menjadi saksi atas dua hal. Pertama, saksi atas perkembangan OHD Museum dan atas perkembangan perupa," pungkas Suwarno Wisetrotomo.


(tia/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed