DetikHot

art

'Eggnoid' hingga 'Wonderwall', Ini Dia 5 LINE Webtoon Indonesia Terfavorit!

Selasa, 16 Mei 2017 19:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Eggnoid hingga Wonderwall, Ini Dia 5 LINE Webtoon Indonesia Terfavorit! Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Tahu cerita Ran yang kesepian di sebuah rumah besar tanpa ada kehadiran orang tua? Suatu hari, Ran kedatangan pria yang keluar dari telur bernama Eggy yang membuat hidupnya berwarna. Webtoon berjudul 'Eggnoid' menempati posisi pertama webtoon terfavorit. Siapa saja empat teratas lainnya?

Ghina Fianny dari LINE Webtoon Manager LINE Indonesia, mengatakan webtoon 'Eggnoid' yang bergenre romance karya Archie The Red Cat menempati angka 2,3 juta subscribers. Di posisi kedua, ada webtoon 'Tahilalats' yang bergenre komedi.

"Angka dua webtoon Eggnoid dan Tahilalats angkanya sama. Dan mereka berada di genre berbeda, jadi sebenarnya dua webtoonnya punya masing-masing pembaca," tutur Ghina Fianny di Cafe Kino, Sentral Senayan 3, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Baca Juga: Karya Pemenang Kompetisi Webtoon LINE Creative 2016 Diterbitkan

Di tempat ketiga ditempati oleh 'Alice' bergenre romance karya Angellina sebanyak 1,4 juta subscribers. Dilanjutkan dengan 'My Pre-Wedding' karya Annisa Nisfihani dengan 1,4 juta subscribers. Serta posisi paling buntut ada 'Wonderwall' oleh Senaloli dengan 1,2 juta subscribers.

Ghina Fianny kembali menceritakan kecendrungan karya komikus lokal yang mempublikasikan karya di LINE Webtoon Indonesia cenderung mengikuti tren. Hal tersebut yang membuat tim kurasi LINE Webtoon Indonesia kesusahan mencari bibit-bibit pemula yang berkualitas.

Dia menyebutkan misalnya saja Tahilalats sedang digandrungi anak-anak remaja, maka akan banyak komikus lokal yang meng-upload genre serupa. "Sedangkan kita melihat karya lokal di bagian Webtoon Challenge ingin mencari yang unik dan berbeda untuk dijadikan di bagian official," tutur Ghina Fianny.

Sampai saat ini sudah ada 65 webtoonist lokal dengan judul 58 webtoon yang ada di LINE Webtoon Indonesia. Sebanyak 15 judul webtoon sudah selesai rilis, serta 43 judul masih on-going.

Indonesia pun telah menjadi pembaca terbanyak yang mengakses webtoon. Totalnya ada 6 juta pembaca aktif di Indonesia dengan total 35 juta pembaca aktif di seluruh dunia setiap bulannya.

Baca Juga: Rayakan Hari Kasih Sayang, Baca 5 Webtoon Romantis Ini!


(tia/dar)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed